Tuesday, May 23, 2006

The Da Vinci Code

Rating:★★
Category:Movies
Genre: Mystery & Suspense
Film yg jadi kontroversi di seluruh dunia ini menurut gw ngga bagus. Gw ngga ngerti cerita sebenarnya dari film ini apa. Di tengah2 film ada teks yang dihilangkan dengan alasan sensor dialog, bikin film ini makin ga jelas apa maksudnya. Di beberapa negara film ini dilarang diputar karena dikhawatirkan akan menggoyahkan iman penganut agama Katolik. Tapi gw sebagai orang Katolik, setelah gw nonton film ini biasa aja tuh, ngga merasa ada satu hal pun dari film ini yang menggoyahkan iman gw.

Gw memang belum baca buku The Da Vinci Code. Orang2 pada bilang, "Kalau loe mau ngerti film ini, loe musti baca dulu bukunya". Lah, kalau gw sih punya pendapat yang berbeda, justru dengan adanya film ini harusnya kita bisa mengerti cerita dari The Da Vinci Code ini tanpa harus membaca bukunya
. Apalagi film itu kan sifatnya audio visual, seharusnya bisa lebih mudah untuk menyampaikan isi cerita sehingga mudah dimengerti penonton. Gw cuma kasi 2 bintang karena filmnya ngga bagus, tapi masih terbantu dengan scenery yang cukup bagus dari negara Perancis.

2 comments:

Tina Kartahadimadja said...

hmm ga bagus ya?gw baca di review2x juga gitu kebanyakan.Padahal mnurut gw bukunya bagus banget...imajinatif. Terlepas yg diributin orang2x, bahwa itu khayalan atau bukan (ya iya kali ya..secara juga namanya fiksi...). Salah satu yg ngga banget di film itu tuh rambutnya Tom Hanks gitu loh...padahal tokoh Robert Langdonnya kan digambarin yg cakep, kharismatik, tampang pinter khas Harvard,de el el. well,tapi kebanyakan mang gitu.....buku yang di film-in jarang bgt yg bisa OK n sebagus bukunya.

Khoiruunisa RF said...

Kata siapa film adaptasi dibuat supaya orang mengerti secara keseluruhan tanpa melihat versi aslinya (dalam hal ini, novel)? SALAH BESAR. Justru kebalikannya, film adaptasi dibuat sebagai taktik pasar untuk memancing curiosity penonton akan kisah aslinya & mencari informasi lain dari missing part dalam film. Jadi, sebenarnya tidak masalah sudah melihat versi aslinya atau belum.