Thursday, May 18, 2006

Bakmi Toko Tiga

Rating:★★★★★
Category:Restaurants
Cuisine: Chinese
Location:Jl. KH. Wahid Hasyim 63A, Menteng, Jakarta Pusat
Jl. KH. Wahid Hasyim 63A
Menteng
Jakarta Pusat
Tel. (021) 314 0902

Resto ini adalah salah satu resto favorit keluarga gw. Hampir setiap kali anggota keluarga gw ulang tahun, kita selalu makan2 di resto ini. Ngga cuma jadi favorit keluarga gw, tapi jg jadi favoritnya Werner, dia bilang setiap kali makan di resto ini rasanya selalu pas, ngga pernah kurang, ngga pernah lebih. Dari namanya, pasti kebanyakan orang menebak bahwa menu di resto ini adalah bakmi. Memang benar, tapi gw jarang sekali makan bakmi di resto ini. Nah trus apa dong keistimewaannya sampe2 jadi resto favorit ?

Resto Bakmi Toko Tiga (BTT) adalah resto yang menyediakan chinese food dengan bakmi sebagai andalannya. Namun makanan yang jadi favorit gw adalah ayam cabe kering, cumi goreng mentega, udang cabe garam, lumpia udang, cah kangkung, kaki kodok goreng. Setiap menu yang gw sebutin itu porsinya cukup untuk 2-3 orang. Harganya mulai dari 20 – 35 ribu per porsi. Biasanya kalau kita pergi rame2, pesen menu2 tersebut sebanyak 2 – 3 porsi terus masing2 orang pesen nasi putih deh.



Ayam cabe kering yang jadi favoritnya Werner (sampe dibela2in nyari resepnya setelah dia balik ke NL!) adalah ayam yang dimasak tumis dengan kecap, trus cabe merah besar sampai agak2 kering. Rasanya manis, sedap, sedikit pedas. Cumi goreng mentega, layaknya di resto2 lain ya cumi yang ditumis pake mentega, kecap inggris dan kayaknya sedikit saus tiram. Udang cabe garam, ngga seperti menu udang biasanya yang cuma digoreng mentega atau goreng tepung, udang cabe garam itu udang yang ditumis trus dikasi cabe dan butiran garam yang gede2. Gw aja masih bingung sampe sekarang, itu jenis garam apa yah abisnya gede2 banget butiran garamnya.

Lumpia udang, nah ini favorit gw & Werner. Biasanya sih sebelum kita “makan besar” alias ngelahap nasi + cumi, udang dkk, kita ngemil lumpia udang dulu. Satu porsi isinya 10 biji dan lumayan ngeganjel perut yang udah keroncongan. Lumpia udang ini enak banget deh… gw jamin pasti loe bakal nagih. Cara makannya lumpia ini dicocol di saos tiram trus dimasukkin deh ke mulut, hap… mmmm enyak enyak enyak…

Satu lagi yang ngga ketinggalan adalah cah kangkung. Cah kangkungnya enak deh di sini.. Porsinya juga banyak. Ada 2 macam cah kangkung di sini, cah kangkung polos dan cah kangkung sapi. Biasanya sih gw pesen cah kangkung polos karena udah mesen lauk macem2. Cah brokoli di sini juga enak, tapi gw lebih cinta ama sayuran lokal alias si kangkung hehehe…. Kalo kaki kodok goreng (kaki Kermit goreng kata Werner hehehe) sih favoritnya bokap & ade’ gw. Sampe2 waktu itu bokap pernah lagi dirawat di rumah sakit dan minta nyokap beliin kaki kodok gorengnya BTT buat menu makan siangnya.



Minuman di BTT ngga ada yang spesial, tapi ngga jadi masalah buat gw karena makannya sendiri udah enak. Biasanya sih gw pesen es jeruk (murni), ice lemon tea atau es teh manis. Di BTT juga ada menu steak. Gw pernah nyobain tapi not special at all. Jadi gw balik lagi deh ke cumi dkk itu…

Oiya, kadang gw suka mesen rujak buat dessert kalau perut belum kenyang2 banget. Mereka juga jual ice cream Nestle (ada containernya gitu) & rokok di meja kasir. Interior di BTT sendiri cukup menarik dan nyaman. Toiletnya bersih, stafnya ramah2 secara meraka udah hapal sama kita saking seringnya makan di sini hihihi…

Selain di Wahid Hasyim, BTT juga ada di TIS Square, tapi waktu itu gw pernah nyoba dan rasanya lebih enak yg di Wahid Hasyim. Anyway, resto ini very recommended !!!

17 comments:

dhani dezig said...

menarik!
ada fuyunghai nggak? gue ga bs makan cumi lg :-(.

*senangnya bs akses multiply dr mana ajah! :-)*

merica pedas said...

cumi nya emang enak bangeeeetttttt!!!!
nasi gorengnya juga....
ga ada yg ga enak lah disitu :D

Bryan Tamara said...

ada di deket Pancoran... juga nih Ren. sejajaran ma Starbucks & Dome.

uw... kaki Kermit goreng! :)) gw doyan deh, kpn2 pgn nyoba.

Irene Barus-Henuhili said...

kayaknya sih ngga ada deh.
emangnya kenapa, kok ngga bisa makan cumi lagi ? takut kolesterol... gitu ?

Irene Barus-Henuhili said...

mom, gw kalau makan cumi goreng menteganya sampe gw isep2 tu cumi biar dpt rasa bumbunya hihihi...
abis emang beneran enak banget....

Irene Barus-Henuhili said...

iya, di TIS Square.
gw pernah nyobain di situ, tapi lebih enak yg di Wahid Hasyim, Bry...

Tina Kartahadimadja said...

endang surendang niy kliatannya...sama bakmi permata enak mana rene? btw,ada info ga,buat yg muslim halal bu??

dhani dezig said...

waduw.. ga ada ya fuyunghauw.. padahal suka bgt..
bukan takut kolesterol, nggak tau kenapa skrg kalo makan cumi sepotong kecil aja perut gue bereaksi, jd kembung.. pdhl gue suka bgt makan fried kalamari pake mayo..

btw ada yg di TIS ya?! wah deket nih.. tp kalah enak sm yg di Wahid?
Bole la coba dulu yg di TIS.. thanks Jo!

Irene Barus-Henuhili said...

menurut gw sih lebih enak Bakmi Toko Tiga.
keknya sih halal tin, baiknya telp aja ke sana, tanya halal atau ngga. tapi so far sih emang ngga ada menu B2-nya

Irene Barus-Henuhili said...

selamat mencoba... jangan lupa kirim2 cumi goreng mentega yah ke rumah gw hehehe...

Bryan Tamara said...

wahid hasyim-nya deket mana Ren...?

Irene Barus-Henuhili said...

di sebelahnya Hotel Indra, Bry... sejajar ama Tony Roma's & Hotel Ibis Tamarin

Bryan Tamara said...

sip..sip.. kpn nih kita kesana.. traktiirr.. hehehe

Irene Barus-Henuhili said...

yuuuuukkkk... aseekk bryan ultah nih.. makan2..

smk perguruan cikini said...

hallo, salam kenal

Irene Barus-Henuhili said...

lam kenal juga, udah pernah ke bakmi toko tiga blm ?
klo belum, you must try it !!

Wildandwonderful N said...

Thanks for sharing, next time saya juga mau coba achh,,kesana!!