Monday, January 22, 2007

nomor angpau

udah beberapa kali gw datang ke resepsi pernikahan temen gw, angpau alias amplopnya dinomorin !

entah apa tujuan sang pengantin memberi nomor pada setiap angpau tamu2nya sesuai dengan nomor urut di buku tamu. ada beberapa kemungkinan :
- mau tauuuuuu ajah tamunya ngasi berapa
- takut ditilep sama penerima tamu
- mau ngitung pendapatan dari tamu pihak cewek berapa, dari tamu pihak cowok berapa

menurut gw, penomoran angpau itu rasanya ngga etis banget ya ?
ya memang si pengantin punya hak untuk melakukan hal itu, tapi gimana kalau ada tamu yg ngga ngasi angpau atau ngasinya ngga sesuai sama yg diharapkan si pengantin.

oneday kalau tiba saatnya nanti, gw ngga akan melakukan penomoran angpau itu.
buat gw, kesediaan keluarga & sahabat2 gw untuk datang aja udah suatu hadiah, jadi gw ngga mau pusing sama urusan angpau.

satu hal yang jadi pertanyaan gw, dengan adanya penomoran angpau itu, tentunya temen gw akan tau jumlah yg gw kasi. nah apakah bakal berpengaruh ke pertemanan gw & dia ?

*selamat buat salah satu temen deket gw waktu smip yg baru aja melangsungkan pernikahannya hari minggu kemarin. maaf ya say, lagi tanggal tua, jadi ya seadanya aja*

gambar dari sini

30 comments:

Mario Hadiwono said...

biasanya yang melakukan penomoran itu adalah orang cina rene... bukan bermaksud rasis ya... tapi kenyataannya gitu... gue nyadar pas tante gue nikah beberapa belas taun lalu....
tujuannya apa? hmm gue juga gak tau :p

Irene Barus-Henuhili said...

iya mar...
tanpa bermaksud rasis, kejadian itu selalu pas pernikahan temen gw yg orang cina
apa memang tradisinya begitu ya ?

ndi kei said...

jadi klo gantian merit jadi tau kudu ngasih berapa kekkekek....

Irene Barus-Henuhili said...

hehehehe.... biar impas gitu ya ?

sossi sagaya said...

pernah dengar amplop kosong? di pernikahan adik gue tahun lalu, paling ngga ada 5 amplop kosong diberikan tamu yang datang.

bisa jadi itulah gunanya perlu penomoran amplop...

Irene Barus-Henuhili said...

hmm kalo ini sih kelewatan
lebih baik ngga usah ngasi daripada kasi amplop kosong

SaN SaN said...

Buat bs ngucapin terima kasih pribadi ke donatur terbesar kali.. Jdnya yg ngasi dikit yg malu

dyah ru said...

gw setuju ama lo ren.. memang segalanya perlu diitung2. tapi untuk hal yg sakral dikomersilin nggak banget. dan untuk 5 orang doang yg ngasih amplop kosong ga ngaruh, positive thinking aja mungkin dia lagi bokek.

gw sih waktu merit terima apa aja.. kado ok, bunga ok, uang ok, nasehat ok, tips ok ;p, doa apalagi gw seneng. yg penting ngasihnya ikhlas. daripada begitu liat dinomerin trus maksain ngasih banyak kan kesian.

trus ada yg bilang biar kita bisa tahu berapa ngasihnya. kalo gw sih nyumbang justru ngeliat kemampuan tuh orang. kadang kita salah, giliran orang kaya malah kita sumbang banyak.. giliran orang susah malah dikit.. aduh malah curhat gini. udahan ah

Tina Kartahadimadja said...

aduh gw mah jg sampe deh ntar kalo kawin nomor2xin gituh. undangan pd dateng aja udah seneng, rasanya banyak yg doain n ikut gembira. mgkn itu tradisi etnis ttt, biasanya nomor2x itu utk ngebales nanti kalo dia diundang sama si yg ngasih, jadi jumlahnya harus krg lebih sama gituh kira2x.

ting ... ilang! said...

blah ... gue malah kepengen liat pas nomorin tapi gue koq blum nemu yak acara penomoran ginih? tiap dtg kawinan masuk amplop .. makan .. pulang .. eh salah salaman dulu :P
Tenyata masalah tradisi toh? .. *manggut2

tommy shariff said...

setujuh, sama blog ini. ^_^

fathia syarif said...

Hahaha... bener kamu, dear.

merica pedas said...

kalo yg nikah cina (yg biasa menomori amplop).. biasanya gue akhirnya kasih kado dalam bentuk kado... a small token aja.. soalnya terus terang bingung kalo ngasih amplop dinomori gitu... biasanya gue ngasih 50k the smallest... tp tetep aja kalo dinomori kok rasanya duit segitu ga berarti bgt

leo lintang said...

maksudnya biar gak ada yang ngasih amplop kosong... biasanya kalo gw kasih amplop gw cantumin nama gw disitu.... kalo gw yang kawin gw sediain mesin gesek kartu ahh... biar praktis.... trus yang gesek gw kasih nomor undian berhadiah.... seru kali yee

Irene Barus-Henuhili said...

gw dong.... :-D

Irene Barus-Henuhili said...

iya, soalnya kadang kita suka malu klo diundang sm orang kaya tapi ngasinya sedikit.
masa' pesta di grand melia, ngasinya 50rb padahal kan terserah kita ikhlasnya ngasi berapa ya ?

gw setuju, hadiah apapun musti kita terima that's why gw suka bingung sama undangan yg nyoret gambar kado/bunga, tapi ga nyoret gambar amplop. kesannya komersil banget yah ?

Irene Barus-Henuhili said...

setuju tin, apalagi kalo temen kita bela2in ke salon dulu buat hair do & make up, rasanya pasti seneng banget mereka dress up demi ke pesta loe.

Irene Barus-Henuhili said...

makanya lain kali ikut gw ke resepsi hihihi...

Irene Barus-Henuhili said...

sedelapan, sembilan hehehehe.....

*toss*

Irene Barus-Henuhili said...

dpt 100 dong ? :-D

Irene Barus-Henuhili said...

stuju mom, padahal itu udah lumayan berarti di saat tanggal tua kyk gini...

Irene Barus-Henuhili said...

sekalian aja mesin ATM bo... hahahaha....

Bryan Tamara said...

maksudnya mereka, pemberi amplop yg nominalnya kecil supaya tau diri alias ngirit ambil makanan.... hihihi

Irene Barus-Henuhili said...

*tetap memegang teguh prinsip ogah rugi* :-D

ken . said...

nanti kalo g merit angpaunya pake debit aja, jadi g sediain skimmernya..ha..ha..ha..

Benny Pangadian said...

wah berhubung yg menjawab masih belum nikah maka yg dipakai adalah 'asumsi' he..he..

saat saya melakukan resepsi, penomoran itu dilakukan dengan tujuan :
1. mengetahui siapa orang yang memberikan. (Oh...nomor ini dari si A...)
2. mengetahui nominalnya (Oh ternyata si A memberikan Rp..... )
3. cross check apakah jumlah amplop = jumlah undangan.

Namun yg saya alami bahwa ada beberapa udanngan orang yang tidak memberikan angpao berisikan uang tapi dalam bentuk cek, sebab nolnya udah enam he..he...he....

Dan uang dari angpao itu digunakan untuk menutupi segala biaya resepsi, beruntunglah saat itu saya BEP.

siapa yg ngikut...resepsi nikah itu cape tapi kalau kawin enak ha.h.a..ha

Irene Barus-Henuhili said...

wah hebatttt... jarang2 lho pesta nikah bisa balik modal

bia ^_^ said...

Stuuuuuuuuuuujjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjjj bangethhhhh

Andara's Family said...

kalo gw sih...mendingan mentahnya ajah. kadang2 kalo kado, pasti sama semua...pecah belah. trus kalo bunga...ntar jg layu. malahan buat gw such a waste. i prefer duit ajah deh (berapapun jumlahnya...even ada yg kasih lima ribu perak wkt kawinan gw...i'm fine with that), jadi lebih berguna utk keperluan ngisi peralatan dapur. wkt itu gw dpt 40 ucapan kembang kawinan...kalo dipikir pikir sayang...abis itu dibuang. satu kembang ucapan itu hrgnya 400 rb, dikali 40 jadi 1,6 jt....hallaahhh dibuang gituh ajah...hiks...mendingan buat beli beras :D tapi yah krn dikasih...yah terima kasih :D
ini sih menurut my point of view loh :D

Irene Barus-Henuhili said...

bukannya bisa dijual lagi yah ran ke toko bunga ?