Monday, January 15, 2007

Day 01 (26 Dec) : Jakarta - x/Singapore - Penang

Akhir tahun kemarin gw ditugasi kantor untuk bawa tour alias jadi tour leader untuk 25 orang selama 9 hari ke Malaysia & Singapore. Jumlah tamu gw ada 20 dewasa & 5 anak-anak. Most of them berasal dari Bandung, sisanya dari Tasikmalaya dan Cirebon.

Hari Sabtu tgl 23 Dec gw telp semua tamu gw untuk kasi tau tempat berkumpul pas hari H, fax hotel list dan hal-hal yang perlu diperhatikan. Selasa, 26 Dec 2006 jam 10 pagi kita kumpul di terminal 2D di depan Café Java. Jadwal flight hari itu adalah :
26 Dec Jakarta – Singapore SQ 157 12.20 – 14.55
26 Dec Singapore – Penang SQ 196 15.40 – 17.05

Gw sendiri tiba di bandara sekitar jam 9-an karena sebagian tamu gw berangkat jam 6 pagi dari Bandung dan gw perkirakan mereka sampe bandara itu paling telat jam 9.30. Selain itu gw sengaja datang awal supaya ngurus bagasinya ngga terburu2. Malam sebelumnya gw udah telp Pak Handoko, orang yg bertugas untuk urus airport handling. Gw telp dia untuk make sure bahwa fiskal & boarding pass udah dia urus plus seat number. Untungnya semua tamu gw dpt seat yg berdekatan, jadi gw ngga usah pusing2 tuker nomor seat.

Thanks God hari itu tamu2 gw datangnya on time, mereka ramah2 dan proses urus bagasi semua lancar. Tapi tamu gw sempet ada yg ketinggalan koper di Bandung. Ibu itu baru sadar pas udah on the way ke airport dan dia langsung telp supirnya yg standby di Bandung untuk anter kopernya ke Jakarta (!). Jam 11 kita semua masuk untuk boarding kecuali si ibu itu. Jadilah gw ngurus 2 anaknya supaya masuk duluan sementara si ibu & suaminya nungguin si supir anter kopernya. Gw udah bilang kalau paling lambat itu dia harus masuk ke gate jam 11.45 dan untungnya si supir tiba di bandara beserta kopernya sekitar jam segitu.

Penerbangan Jakarta – Singapore lancar dan ngga ada masalah, ya iyalah… SQ gitu lho…. Sebelum masuk pesawat gw udah wanti2 ke tamu gw supaya pas transit di Singapore nanti mereka langsung menuju gate untuk pesawat lanjutan, jgn ada yg belanja2 karena waktu transit di Singapore cuma 40 menit. Kebiasaan orang Indonesia kalau transit di Singapore kan suka curi2 waktu untuk belanja di Changi, nah gw tegasin ke tamu2 gw kalau waktu transit ngga banyak jadi belanjanya ditahan dulu. Jam 15.40 pesawat dari Singapore ke Penang take off dan kita semua tiba di Penang dengan selamat.

SQ 196 mendarat di Penang jam 17.00 dan setelah melewati imigrasi & ambil bagasi, kita semua udah dijemput sama Lena (local guide) & Khairi (driver). Dari bandara kita menuju ke Sheraton Penang yg terletak di kawasan Georgetown untuk check in & istirahat trus malamnya kita dinner di Oriental Seafood yg terletak di kawasan Gurney Drive. Selepas makan malam, ada waktu 30 menit untuk jalan2 & liat2 kawasan food court di Gurney Drive tapi gw ngga sempet nyicipin macem2 karena udah kenyang, jadinya foto2 stand2 makanan aja. Abis itu kita semua balik ke hotel untuk istirahat karena hari ini hari yg cukup melelahkan and it’s time to sleep karena besok sudah ditunggu untuk city tour Penang.

M Aqsha said...

senangnya jalan-jalan...Penang kalau malam bagus ya Ren...diliat dari Bridgenya..
eh mau dong diguide sama Irene...hehehehe

Irene Barus-Henuhili said...

boleh2.. ayo dong pada ikutan tour di kantor gw biar ntar gw yg disuruh jadi TLnya hehe

Stephen Kurnia said...

hm.. lamar jadi guide bisa ngga nih? hahaha... good picture !

Tina Kartahadimadja said...

PCB tur yukkksss, tp elo tour leadernya.....gmn?xixixixi......

Irene Barus-Henuhili said...

jangaaaaannn... ntar ngambil lahan gw... hehe

yuuuuukkkk...
jgn lupa kasi tipsnya yah :-p