Monday, September 4, 2006

Komala's The Real Indian Fast Food




Gara2 baca postingannya mas Arie dan lagi diomongin di milis Jalansutra, gw jadi makin penasaran sama resto India ini. Sering banget ngelewatin resto ini secara tiap hari gw pasti lewat Sarinah tapi belum sempet2 juga nyobain, sampai akhirnya Jumat kemarin berhasil juga makan di sini.

Komala's Indian Resto adalah resto India yang mengkhususkan pada makanan vegetarian khas India. Semua makanan di sini ngga ada yang menggunakan daging, jadi kalau baca di menunya memang ada menu chicken, mutton, de el el, tapi kata mas waiternya itu semua dibuat dari gluten (bahan khusus untuk menu vegetarian) sehingga rasanya mirip dengan daging asli.

Makanan yang gw coba :
1. V4 (value meal no. 4 alias paket) isinya : Masala Dosai + Vadai & Idly + Aqua
Alasan mencoba Masala Dosai karena baca postingannya mas Arie yg bilang menu ini salah satu andalan di Komala's. Masala Dosai sendiri adalah sejenis crepes yang berisi mashed potato. Waktu menu ini datang, wah gila... panjang banget crepesnya, sanggup ga nih ngabisin segini gede, ternyata isi mashed potatonya itu ngga sepanjang crepesnya, tapi cuma setengah dari crepes. Ajubileh deh kalo musti ngabisin mashed potato sepanjang crepesnya, bisa2 ngga bisa nyobain makanan yg lain. Vadai & Idly kayaknya side dish gitu. Vadai bentuknya bulat kayak donat, tengah2nya bolong, sementara Idly kayak kue apem. Makanan2 ini disantap sambil dicocol ke kuah kari & ada 2 jenis cocolan gitu. Gw ngga nanya nama cocolan itu apa, yg pasti mirip dressing untuk salad. Yg satu warnanya putih, yg satu lagi warnanya orange (berasa ada kunyit2 gitu).

2. Tomato Uthappam
Menu yg ini mungkin bisa disebut pizzanya India hehehehe... bentuknya bulat besar kayak pizza. Terbuat dari tepung dan toppingnya berupa tomat (ya iyalah namanya aja Tomato Uthappam). Rasanya agak gosong2 dikit, ada asem2nya tomat dan cara makannya juga sama kayak Masala Dosai, dicocol ke kuah kari + 2 cocolan lain. Kayaknya sih kuah kari & 2 cocolan itu pakemnya menu di sini karena baik Masala Dosai & Tomato Uthappam, cocolannya sama.

3. Mango Lassi
Minuman seger banget..... dibuat dari jus mangga + susu/yogurt yah ? Rasanya asam2 gitu, mirip yogurt, enaaaaaakkk.....

4. Pista Ice Cream
Ice cream warna hijau yang enak... di atasnya ditaburin kacang Pistachio dengan jumlah yg irit banget alias sedikit hihihihi.....

Oiya, di sini waiternya canggih lho... mereka catat pesanan ngga pake kertas, tapi pake PDA. Gileeee... gw aja kalah hahahaha.....
Yg lucu waktu gw photo2 restonya, waiternya bilang gini, "Mbak, jgn cuma restonya aja dong, waiternya juga..." halah... banci poto juga dia... Udah gitu ternyata dia baru 3 minggu kerja di situ (pantesan masih pake kostum putih hitam) dan waktu gw tanya soal rasa makanan yg lain dia bilang dia baru nyobain Masala Dosai. Mengenai rasa makanan di sini, gw ngga tau bisa dibilang enak apa ngga karena gw ngga tahu rasa makanan India yang sebenarnya itu kayak apa. Tapi lumayan lah untuk membunuh rasa ingin tahu gw. Tamu2nya kebanyakan orang2 India, mungkin karena orang Indonesia belum familiar sama makanan India kali yah...

Total kerusakan :
V4 (Masalah Dosai, Vadai, Idly, Aqua) Rp. 35.900
Tomato Uthappam Rp. 18.900
Mango Lassi Rp. 13.900
Pista Ice Cream Rp. 6.900
*belum termasuk 10 % pajak


Komala's Restaurant
Sarinah Building
Jl. MH Thamrin No. 11
Jakarta 10359 - INDONESIA
Phone : (021) 3903533
Fax : (021) 3903534
Email : komalas@pacific.net.id

8 comments:

Tina Kartahadimadja said...

lagu2x yang dipasang disini, versi india-nya peterpan bukan? kekekekeke..;-)))

Irene Barus-Henuhili said...

hahaha... ngga lah tin
tapi pas makan di sana memang yg diputer itu lagu2 india

Arie Parikesit said...


Lassy memang dr Yogurt ditambah buah or plain, bis ajuga dgn gula or garam
Favorit gue lainnya Paneer, ini semacam Keju muda yang dimasak macam2, mereka ada yang Black Pepper paneer, or Paneer Manchurian ala asam manis

Kuah Kari buat cocolan itu Daal, Kari dr Kacang Lentil

Irene Barus-Henuhili said...

oo.. pantesan rasanya asem yogurt, ternyata memang yogurt beneran, ah bodohnya diriku hahahaha.....
kemarin sempet dikasi testernya paneer manchurian & bener yg mas arie bilang rasanya kayak kakap asam manis hehe...

ting ... ilang! said...

kayaknya enak .. cuma koq jauh bener??!?!?!?!

Irene Barus-Henuhili said...

deket ah liq....
dari rumah gw maksude hehehehe....

ting ... ilang! said...

eh gw baru inget, ini makanan india kan ya bukan indian temen nya koboi kan?
agak2 trauma soalnya, makan di daerah kemang situ, hidangan nya yaa makanan india, buset, dari 8 menu yang tersedia gw kaga doyan semua :(

yang ada gw cuma nyemil (pake piring nggak nyomot2) makan nasi (nasi apaan yaaa pake kcg polong) + daging ayam (ayam kah?) entah diapain + roti (aneh ada nasi ada roti) ....

*nggak doyan tapi nambah 2 kali

Irene Barus-Henuhili said...

iya ini makanan india.
nasi yg loe makan itu nasi briyani kali ya ?
keknya menu itu ada deh di komala tapi gw belum pernah nyobain.

nambah 2 kali soalnya dibayarin kali liq hehehehe....