Tuesday, September 19, 2006

kamu bisa bahasa apa ? [updated]

supaya ngga keluar dari konteks, gw ganti deh pertanyaannya, yg tadinya "bahasa apa saja yang teman2 kuasai ?", gw ganti jadi pertanyaan di bawah.

share yaaa... siapa tau ada yg bisa bahasa korea, india, urdu, tagalog, de el el, pengen tahu aja....

bicara soal bahasa, bahasa asing apa saja yang teman2 kuasai ?
*kalau ada yg jawab bahasa tubuh , itu ga termasuk ya....*


kalo gw :
1. indonesia
yg ini jelas fasih banget karena gw lahir, tinggal di indonesia & orang tua gw orang indonesia.

2. inggris
waktu SD udah ikutan kursus bahasa inggris, waktu SMP nilai bahasa inggris ngga pernah jeblok, waktu SMIP durasi mata pelajaran bahasa inggris 7 jam seminggu jadi kalau dibilang fasih banget sih ngga. kemampuan bahasa inggris gw, kayaknya lebih baik writing daripada speaking.

3. jepang
waktu SMIP sempet dapat mata pelajaran bahasa jepang selama 1 tahun karena tahun berikutnya musti pilih antara jepang dan perancis. yg gw inget cuma katakana, hiragana, kanji ama watashi no namaewa irene san desu. selebihnya, gw mendingan denger lagu kokoronotomo aja

4. perancis
gw belajar bahasa perancis selama 3 tahun waktu sekolah di SMIP. waktu disuruh pilih antara perancis atau jepang, gw pilih perancis karena gw ngga mau pusing sama huruf2 jepang yg ribet. sempet kursus juga di CCF selama 1 tahun lebih yg akhirnya gw nyerah karena dpt pengajar yg ngga asik. tapi gw enjoy banget belajar bahasa perancis dan nilai gw selalu bagus. sekarang karena udah lama ngga ngomong pake bahasa perancis jadi rada2 lupa, tapi kalau baca artikel/menu dalam bahasa perancis masih bisa ngerti dikit2.

5. belanda
nah kalo bahasa londo ini... karena waktu SMIP gw ngga ngelanjutin kursus di CCF akibat pengajar yg ga asik, gw cari kursus bahasa lain buat ngisi waktu. pilihan gw jatuh ke kursus bahasa belanda di erasmus taalcentrum. alasannya karena disuruh tante gw yg tinggal di amsterdam supaya bisa ngobrol pake bahasa belanda sama dia & oma gw (waktu itu oma gw masih hidup). kursuslah gw bahasa belanda sampe tingkat S3 dari total 7 tingkatan kalo ngga salah. kenapa cuma sampe tingkat S3 ? soalnya waktu gw mau lanjut ke S4, waktu kursusnya bentrok sama kuliah gw. sekarang gw kursus lagi deh bahasa belanda karena baru ada waktu untuk kursus2 & pengen lagi belajar bahasa asing.

gw termasuk orang yang cepat belajar bahasa asing jadi ngga terlalu susah untuk ngikutin pelajaran/kursus bahasa asing. rencananya sih kalau udah selesai kursus bahasa belanda, gw pengen kursus bahasa spanyol alias spanish.

26 comments:

hagi hagoromo said...

hmmm,
gw belajar bahas isyarat,
sama bahasa hati..

dhani dezig said...

paling jago bahasa tubuh..
trus bahasa Indonesia, bahasa sunda & jawa (passive), bahasa inggris..
lagi mau belajar bahasa pemrograman.. hehehe

Andre Pelenkahu said...

aku bisanyaaa bahasa tarzan .. uugghh...ughhh...aaarrggh....

Irene Barus-Henuhili said...

haiyah.... kalian ini semua....

Ciput McQueen said...

bahasa daerah? Masak ga bisa juga? Saya fasih bahasa Jawa, ngerti bahasa Bugis, Banjar, Aceh dan dialek Maluku/Papua. Kalo bahasa asing mah standar, cuma Bahasa Inggris secara baru pengalaman tinggal di negara2 berbahasa Inggris doank. Soalnya saya belajar bahasa lebih sering praktek dgn native speaker ketimbang via jalur formal/kursus.

Rini La Gosse said...

gue lebih pilih bisa bahasa ibu...yang hanya dimengerti anak dan ibunya saja

decy nug said...

waduh..gw cuman bisa bahasa indonesia ( itu juga baru fasih bgt setelah kerja di jkt), bahasa inggris ( ini juga baru sedikit lancar karena kerja sama ekspatriat), bahasa jawa (bahasa lahir, bahasa di kantor dan di kontrakan), bahasa pemrograman (bahasa standard kerjaan)..

Tina Kartahadimadja said...

gue bahasa kalbu, gimana?? xixixixixixi....

Irene Barus-Henuhili said...

aku ga bisa bahasa daerah satu pun.
soalnya keluarga ortu sebagian besar di jakarta. nyokap sih bisa bahasa manado & jawa dikit2. tapi bokap ngga bisa bahasa daerah sedikitpun.

Irene Barus-Henuhili said...

jadi inget iklan johnson yg bahasa cinta

Irene Barus-Henuhili said...

itu keknya judul lagu terbaru dari tina dj hehehe...

merica pedas said...

hmmm... indonesia, jawa, inggris, perancis...
tapi prancisnya udah ga pernah dipake... jadi ga bisa dibilang masih bisa..

Rini La Gosse said...


sama! gue dari keluarga campur, tapi tak satupun bahasa daerah gue bisa lafalkan...baca dan dengar masih mengerti tapi giliran disuruh ngomong bisa...eee...aaaa....uuu....lebih kurang kayak bahasa tarzan lah...
...

Irene Barus-Henuhili said...

biasanya alumni tarki bisa bahasa perancis atau jepang ya mom ?

Irene Barus-Henuhili said...

dan gw pun iri sama teman2 gw yg di keluarga (besar)nya masih ngomong pake bahasa daerah...

Ciput McQueen said...

dan gw pun iri sama teman2 gw yg di keluarga (besar)nya masih ngomong pake bahasa daerah...
------------------------------------
Kenapa musti iri, Ren? Gw lahir dan besar di Jakarta, dan bahasa Jawa bukan bahasa sehari2 di rumah. Lulus SMA, gw pilih sekolah ke daerah (Semarang) lantaran gw pingin bisa bahasa Jawa *khan ga ada tuh kursusnya*, jadi bahasa itu gw pelajari secara otodidak sampai bisa yg halus juga loooh*.

Terus gw baru mulai kursus-kursus bahasa Inggris saat dpt beasiswa sekolah S2 ke Amrik, pertama kali di UKSW Salatiga selama 16 minggu, terus ke UC Santa Cruz (California) selama 4 minggu. All being paid by my sponsor pula. Sisanya belajar sendiri secara otodidak.

Irene Barus-Henuhili said...

iri karena secara tidak langsung mereka masih melestarikan salah satu warisan daerah asal mereka, yaitu bahasa daerah mereka.

nyokap gw orang manado asli, bokap gw orang rote dan gw pengen bisa menguasai salah satu bahasa daerah asal mereka. kasian deh gw, udah ngga pernah pulang kampung karena sodara di sini semua, bahasa daerah asal pun ngga bisa :-))))

Andre Pelenkahu said...

ada apa dengan kami semua???

Batavia Rose said...

kalo menguasai dengan bener2 bagus, bhs indonesia dan jerman
kalo menguasai dengan lumayan bagus, bhs inggris
kalo menguasai dengan tidak terlalu menguasai, bahasa hokkien (spoken only)
kalo lagi niat banget untuk menguasai tapi masih cetek banget (baru mulai belajar 6 bulan nih), bhs mandarin
kalo sebatas ngerti baca dan nguping easy conversations, bhs perancis

Irene Barus-Henuhili said...

pengen juga belajar bahasa jerman
denger2 ngga begitu beda dari bahasa belanda.

Andreas Purwanto said...

pernah sih diajarin bahasa Yunani, Arab, Ibrani, dan Latin... tapi dasar otak teflon, udah kagak ada yang nempel sekarang...

K S said...

kalau gue bahasa betawi .. termasuk gak tuh ?? lahir & besar di jakarta ..sampe temen gue bilang gue nih org betawi pdhal seh bukan ...kayaknya susahan bhs belanda..gue dulu pernah belajar bhs jerman (waktu jadul sma) plg yg cuma gue inget skrg gutem morgen, auf weidersehen, ich liebe dich, dan langweillig donk ..

Severine Yenny said...

aku menguasai bahasa pergaulan aja deh.. *halah*

STENLY SONDAKH said...

belajar ke saya aja.....sory..ikutan gabung. thanks

Yoan H said...

wah ren.. gue sebenernya lagi pengen banget bahasa isyarat nih... buat tuna rungu.. Ada yg bisa ajarin?

Irene Barus-Henuhili said...

waduh, keknya musti les di tempat khusus untuk ngajar tuna rungu & wicara tuh sis..
slb mungkin ?