Tuesday, June 20, 2006

masa ngga tau sih ?


Saya punya teman, perempuan, 25 tahun, jabatan manager. Dulu dia teman satu kampus saya. Teman saya ini sedang berpacaran dengan pria asing alias bule, berasal dari salah satu negara di Eropa. Tahun kemarin pacarnya ini bertandang ke Indonesia untuk mengunjungi teman saya itu. Beberapa bulan yang lalu kita lagi ngobrol2, teman saya ini bertanya apakah pacarnya memerlukan visa kalau misalnya dia mau datang ke Bali langsung dari benua Eropa, tanpa mampir di Jakarta terlebih dahulu. Lha… saya bertanya sama teman saya ini, waktu kemarin pacarnya ke Indonesia, dia apply visa terlebih dahulu atau tidak di negaranya. Jawaban teman saya, tidak tahu. Uhm, it’s very pathetic.... Iya ngga sih, kita bermain logika saja, kalau tahun kemarin pacar teman saya ini datang ke Jakarta (baca: ibukota Indonesia) pakai visa, berarti lain kali dia mau datang ke Bali, ya pakai visa juga dong, wong Bali masih di wilayah Indonesia .

Buat saya, itu lucu aja, teman saya yang posisinya sudah manager masa tidak pernah bertanya sama pacarnya apakah dia apply visa terlebih dahulu atau tidak sebelum pergi ke Indonesia. Hmmm… saya jadi bertanya2, kira2 apa saja yah yang mereka omongin kalau lagi pacaran hehehe… saya mau tau aja yah……

9 comments:

JuLia G said...

Isi pembicaraan orang berbeda beda, Irene. Ada yg nganggap bicarakan visa dan sejenisnya itu penting ada yg nganggap itu gak perlu dibicarakan. Mereka cuman ngomong yg indah2 doang, rencana masa depan, dll. Bisa aja loh.

my 2 centimes euros.

Irene Barus-Henuhili said...

pacarku juga bule mbak.. dan kita selalu omongin hal2 yg penting salah satunya soal visa ini.
yg lucu itu dari obrolanku & temenku, dia pikir prosedur visa masuk ke bali itu beda sama visa masuk ke jakarta. padahal kan masih sama2 di indonesia.

XXXX YYYY said...

kalo gk salah, sejak dahulu bule slalu menganggap bali adalah negara tersendiri.
heueheu
ato bali emang sub negara endonesa ?
heueheuehu

Rini La Gosse said...

mungkin juga kalau lagi pacaran nggak banyak ngomong say

JuLia G said...

Aku ngerti, Irene, krn kami juga ngomongin masalah imigrasi saat masih pacaran. Tapi aku mo bilang apa yg kita lakukan, yg kita pikirkan, yg kita bicarakan dll mungkin gak dilakukan / pikirkan/ bicarakan org lain krn masing2 manusia berbeda.

Sangat disesalkan, seseorg yg sdh tingkat manager gak ngerti soal visa. Tapi lagi2 aku mengerti, krn aku tau banyak org yg belum keluar dari negaranya (bukan hanya org Indo ke luar negeri tapi juga org negara lain yg bepergian ke luar negaranya) yg tidak mengerti soal keimigrasian : visa, fiskal, dll.

Emang kasus temanmu mbikin kita terheran heran ya? Tapi begitulah kenyataannya, hal2 yg kita tau & anggap sepele belum tentu diketahui org lain.

Irene Barus-Henuhili said...

nah itu dia mbak...
that's the point dari postingan ini sebenernya :-)

Irene Barus-Henuhili said...

bisa jadi rin...
ngga banyak ngomong tapi banyak beraktivitas hehehehe....

Batavia Rose said...

...saya jadi membayangkan suatu saat lowongan pekerjaan untuk "manager" (entah manager apa) menuliskan salah satu persyaratannya, "mengerti dan menguasai hal-hal umum seputar keimigrasian, konsuler dan visa" hehehe

Irene Barus-Henuhili said...

bisa jadi.... :-D