Monday, June 26, 2006

bisanya menyalahkan orang lain doang

Baca deh :
Berita 1
Berita 2

Ini kutipan berita dari link yg no. 2

Solusi dari pemerintah dengan adanya desakan ujian ulang bagi yang gagal UN ?
Wapres sudah katakan tidak ada ujian ulangan. Solusinya ujian tahun depan kenapa mesti ujian sekarang, apa artinya setahun dalam kehidupan, tak ada artinya. -> Enak aja ini menteri ngomong setahun dalam kehidupan tak ada artinya. Nah dia sendiri bisa berbuat apa dalam setahun dengan kapasitasnya sebagai Menko Kesra ? Ngurusin korban bencana alam aja ngga becus !

Kesalahan terletak dimana ?
Kesalahan pada guru, pada murid. salah satunya yang olimpiade fisika. Kita tau dia jago fisika tapi ini sekolah menengah umum bukan sekolah menengah kejuruan fisika. Ia mesti mengetahui matematika, bahasa, IPA. Mesti dilihat lagi apakah faktor guru, muridnya atau pelajarannya. Kadang-kadang murid yang pintar satu mata pelajaran merasa tak perlu belajar lainnya. Padahal ia belum di tingkat spesialisasi. Untuk jadi dokter orang harus jadi dokter umum dulu baru spesialisasi. -> Lho, buat apa ada jurusan IPA/IPS di SMU ? Apakah orang yang pintar Fisika harus dipaksakan untuk bisa menguasai mata pelajaran lain ? Kenapa ngga difokuskan saja kalau dia memang pintarnya di Fisika ?

Kenapa 3 tahun belajar hanya ditentukan dalam 2 hari ?
Tentu dong, dalam suatu kehidupan kadangkala bukan 2 hari tapi satu detik. Kalau satu detik buat keputusan salah ya salah terus, mau diulang ya tidak bisa. Maka biasakan diri untuk persiapkan diri setiap waktu, prosesnya dengan belajar terus baru bisa.-> Ya, dan kamu terlambat berpuluh2 detik dalam ngambil keputusan untuk menangani masalah kesejahteraan rakyat di Indonesia.

Bener2 ngga masuk akal !
Yg disalahin guru & siswa.
Memangnya selama ini pemerintah udah beres menata kurikulum ?
Begini kali yah potret pemerintah sekarang, bisanya menyalahkan orang lain, ngga mau koreksi diri sendiri.

Untung gw & adek gw udah lulus SMA sebelum peraturan konyol soal UN ini dibuat. Gw prihatin dan kasihan aja ngeliat adek2 kita yang pada stress ngga lulus UN gara2 ketentuan nilai UN itu.

Mudah2an sepupu gw yg lagi nungguin hasil UN SMP hari ini LULUS. Good luck my lil bro !

11 comments:

Mario Hadiwono said...

yang lebih parah komentar si wapres cupuw itu... dia bilang akan gak adil kalo bikin ujian ulangan.. gak adil buat yang udah lulus...

lah emang adil yah menentukan kelulusan dari hasil proses belajar 3 tahun dalam ujian 2 jam?

kalo gitu bikin aja sekolah model bimbel... selama 3 tahun ajarin aja ngejawab soal2 pilihan berganda.... dan cuma ngajarin mata pelajaran yang di UN kan... gak perlu mata pelajaran laen...
sorry ren ikutan ngomel2 hehehehe

dhani dezig said...

hihihi... demen nih gue...
tp emang serba salah sih.. sebetulnya dari sistem pendidikan di Indonesia udah nggak beres.. cenderung memaksakan untuk "menjejalkan" informasi tanpa dasar.. jadi kebanyakan dari kita bisa itung rumus macem2.. tp nggak ngerti bisa di-implementasikan dalam bagian kehidupan yg mana.. makanya kita nggak maju2..

di sisi lain, kurikulum ini jadi semacam proyek yang diterapkan di Depdiknas, karena kurikulum ini seperti "produk" yang bila berhasil dihasilkan maka itu yg menentukan kinerja si pemegang otoritas pada saat itu.. entah itu manfaatnya positif atau cenderung negatif dgn masyarakat.. andaikata positif pun, implementasinya yang buruk.. krn lebih fokus "mengganti" buku pelajaran.. UUD (ujung-ujungnya duit, red.) sama spt DPR yg juga berusaha membuat produknya yaitu: Undang-Undang..

heehh... Mario, kapan loe jadi mentri?! :P

arien, neng said...

yg ironisnya (buat contoh aja.. :P) ada seorang anak yg udah diterima PMDK di Brawijaya tp akhirnya gagaL gara2 terganjaL niLai saLah satu mata peLajaran yang di-uji. padahaL setau gw untuk dpt PMDK kan diLiat niLai dari keLas 1 SMA, trus hasiL dia beLajar 3th jadi iLang gtu aja. kLo mnrt gw sih ga adiL. mungkin pemerintah ingin menaikkan standar SDM meLaLui pendidikan. tapi cara-nya saLah kaLi yaa..??

Mario Hadiwono said...

gue jadi mentri kalo lo dah jadi presidennya hahahahahhaha

dhani dezig said...

hehehehehe... kalo gue jadi presiden, lue gue jadiin mentri apa yah?! :P

Luka Muhamad said...

standarisasi kalang kabut
katanya mempermudah ujian dengan mengujikan Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris.
tapi kalau minat anak-anaknya tidak disitu mau gimana?
dan sungguh tidak adil buat anak sekolah kejuruan, mereka praktek dan ilmunya khusus, lalu dites disitu, apakabar?
terus begitu 1 nilai dari 3 nilai yang diujiankan tidak masuk standar, langsung tidak lulus....logikanya adalah 2 dari 3 mata pelajaran yang diujiankan bagus, lulus dong, bukan 1 dari 3 pelajaran yang diujiankan jelek langsung tidak lulus...tambah ancur aja ni negara. susah kalo dipimpin sama presiden dari bisnismen yang oportunis. yg penting duit aman, selesai perkara. masalah rakyat sengsara, problem pribadi.

Tina Kartahadimadja said...

sistem pendidikan sekarang pusinkkkkkk...ga sistematis...(sistem ga sistematis<=>layak disebut sistem ga ya??). Untung deh udah lulus puluhan taun lalu (bussyettt, tuwirrr benerrrr yakkkssss!!) ;-))))

arien, neng said...

raLat dikit neh.. yg bisnismen mah wakiLnya, kLo presiden qta kan dari kaLangan miLiter (Lupa yaa.. ;)).
jadi hasiLnya yaa gtu deh.. 'disipLin' biar dapet hasiL 'adiL, makmur, dan merata'

XXXX YYYY said...

calm down calm down

Rini La Gosse said...

mau komentar tapi semua sudah pintar pintar... ya sudah saya mau nonton persiapan tanding motor cross di lapangan depan saja deh...

Rini La Gosse said...

aaarrrgghhh gak tahan juga pengen komentar, anyway, apalah artinya setahun?! 13x gaji Pak!

Padahal sebenarnya kursi PTN itu banyak tapi sedang dalam proses SWASTANISASI!!

Kampret semua! Huh!