Friday, June 30, 2006

kursus bahasa belanda

a.. b.. c..
een.. twee.. drie..
maandag.. dinsdag.. woensdag..
goede morgen.. goede middag.. goede avond..
dank u wel
tot ziens

kemarin adalah hari pertama gw kursus bahasa belanda di language corner. sebenernya dulu waktu tahun 98 gw pernah kursus juga di erasmus taalcentrum
sampai S-3. sayangnya pas gw naik tingkat ke S-4 waktu kursusnya bersamaan dengan jam kuliah gw di siang hari. sayang sih memang, apalagi waktu itu gw udah bisa nulis surat pake bahasa belanda ke tante gw, tapi apa mau dikata harus berhenti karena waktunya ngga cocok.

tanpa disengaja, werner, co gw yg sekarang adalah wong londo alias orang belanda. selama ini kita komunikasi pake bahasa inggris. untungnya bahasa inggrisnya werner bagus jadi gw ngga kesulitan untuk ngobrol sama dia. kadang2 gw suka nyelipin bahasa belanda & dia nyelipin bahasa indonesia di tengah2 percakapan. 1 atau 2 tahun yg lalu gw sempat kepikiran untuk kursus bahasa belanda lagi. tapi.. lagi2 masalahnya di waktu karena gw ngelanjutin kuliah malam, teteup aja ngga bisa kursus di erasmus. sebel juga sih... soalnya werner sendiri belajar bahasa indonesia di sana. belajarnya otodidak sih, dia punya buku2 & kasetnya. waktu itu dia sempet mau daftar kursus bahasa indonesia, eh telat.. ga jadi deh. dari situ gw jadi terpacu untuk belajar lagi bahasanya dia.

tahun kemarin werner datang sama nyokapnya. nyokapnya ini ngerti bahasa inggris tapi dia ngga bisa ngomong bahasa inggris. sementara gw ngerti kalau dia ngomong bahasa belanda, tapi ngga bisa ngomong bahasa belanda. jadilah selama 3 minggu kita vakantie, gw ngomong pake bahasa inggris ke nyokapnya werner & nyokapnya bales pake bahasa belanda . lucu deh.. apalagi waktu kita berdua naik becak di jogja nyari makanan buat werner, trus waktu nyobai2n baju di dept store (modal gw vocab2 ini : wat wilt u eten/drinken, lekker, te klein, het grootst en mooi ).

back to the topic.. sekarang gw kursus bahasa belanda lagi, 2 x seminggu. masuk ke level basic 1 lagi karena gw mau ngulang dari awal aja. bisa aja placement test, tapi gw males, takut2 ada yg lupa aja. pengen sih di erasmus taalcentrum lagi, tapi... mahal bo ! lagian gw pikir, kursus bahasa asing ngga harus di pusat kebudayaannya. satu kelas 7 orang, rata2 mahasiswa & pelajar. nama pengajarnya, meneer rico, alumi sastra belanda UI angk. 2000 (berondong bo.. lebih muda dari gw). pertemuan pertama sih cukup menyenangkan, ngga tau deh berikut2nya gimana. yg pasti, werner udah ngga sabar buat email2an sama gw pake bahasa belanda .

daag allemaal...

9 comments:

Tina Kartahadimadja said...

gutlak ya ren.....gue buta deh kalo basa belanda....;-)))

Deedee Caniago said...

asik,
gue sekarang ada temen ngerumpi pake bahasa belanda...
goed dat niemand begrijp wat wij zegen hoor ? kekeke

Irene Barus-Henuhili said...

thanks tin...
tapi kan loe jago bahasa jepun... ntar kita tukeran ilmu aja hehehe...

Irene Barus-Henuhili said...

ja, dat is heel goed.. :-)))

tita Larasati said...

aih asiknya.. aku udah sejak 98 di belanda tapi sama sekali belum pernah kursus bahasa belanda. jadi blanda2annya modal ngobrol di pasar aja.. hehehe..
veel plezier!

dinar liebe said...

gue bisanya bahasa JErman. Aber das ist einbisschen gleich lho...

lala - said...

acik acik.... cik irene udah bisa ngobs ma calon mertuanya nih ntar....
gudlak ya Ijoooooo.....

Irene Barus-Henuhili said...

amiiinn... doain aja biar gw bisa beneran lancar ngobs belandanya biar cepet dapet restu hehehe...

Aimee Ng said...

weitsssss...gua doain deh biar cepet bisa sis! seru kali yeee...