Friday, June 2, 2006

[FSP] Toute la beauté du monde

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Drama
Film kedua yang gw tonton adalah Toute la beauté du monde. Ceritanya tentang seorang wanita bernama Tina (Zoé Félix), mempunyai 2 anak laki2. Suatu hari Tina mendapat kabar bahwa suaminya meninggal dalam kecelakaan mobil. Tina sangat shock. 8 bulan setelah kejadian itu dia terus larut dalam kesedihan dan ngga bisa ngelupain suaminya. Setelah musibah itu, Tina dan anak2nya pindah tinggal bersama kakak dan adik laki2 Tina. Ngga tahan ngelihat adiknya berlarut2 dalam kesedihan, kakak laki2 Tina curhat sama temennya, Franck.

Franck mengusulkan supaya Tina pergi liburan untuk keluar dari kesedihannya dan tujuan yg dipilihin sama Franck adalah Bali. Di sana Tina berjuang keras supaya bisa keluar dari kesedihannya tapi rasanya susah banget untuk bisa ngelupain kejadiaan naas yg menimpa suaminya itu. Akhirnya Franck menyusul untuk menemani Tina dan dia melakukan apa aja supaya Tina bisa tersenyum lagi dan menerima cintanya. Endingnya sih akhirnya Tina bisa keluar dari kesedihannya itu tapi waktu dia mau balik ke Perancis dia belum bisa menerima tawaran Franck untuk jadi lebih dari sekedar sahabat. Pas musim panas tahun berikutnya (kalau ngga salah) mereka makin dekat dan akhirnya jadian juga.

Yang menarik dari film ini adalah latar belakang lokasinya di Bali. Film ini dibuat tahun 2005 tapi warna yang digunakan di film ini less bright (apa sih istilahnya dlm dunia sinematografi ?) sehingga terkesan film ini film tahun 80-an. Soundtrack dari film ini juga lagu Indonesia, hayo coba tebak lagunya siapa ? Lagunya Anang & Krisdayanti... gw ga tau judulnya yg mana, tapi di film ini diceritain kalau si Tina suka sama lagunya Anang & KD dan pas di akhir cerita, Tina & Franck dengerin lagu ini pake earphone dan Tina bilang "C'est notre chanson" alias "This is our song". Ada juga lagunya Mayangsari pula pas adegan pesawat mereka mau landing dari Bali ke Lombok. Selain itu, HIM Damsyik juga ikutan main di film ini, tapi cuma 1 menit, ceritanya dia di sini jadi pemilik perusahaan perkayuan gitu.

Yang mengesankan dari pemutaran film ini dihadiri sutradara (Marc Esposito) dan 2 aktris (Zoé Félix yg meranin Tina) dan Albane Duterc. Mereka nyeritain deh kesan2 selama pembuatan film itu. Zoé Félix aslinya cantik banget... badannya tinggi & bagus gitu. Dari pemutaran film ini ada satu hal yang bikin bete, masa nih ya pas lagi ada adegan kissing, eh sama operator filmnya ditutupin pake plastik transparansi warna hitam. Ih nyebelin banget ga siiihhhhhhhh... Norak banget gitu lho... Maksude apa coba ? UU APP kan belum disahkan, masa cuma adegan kissing biasa aja pake ditutup2in segala. Gw sbg orang Indonesia rasanya malu banget.. kejadian semalam tuh mencerminkan dangkalnya pikiran orang2 di Indonesia yang ngga bisa melihat seni dari suatu film ... Padahal itu kan ajang festival film, bukan ajang nonton film porno. Yg ada waktu ditutupin pake plastik, teksnya jadi buram dan semua orang pada protes marah, trus pas adegan kisingnya kelar dan plastiknya diangkat, semua orang pada teriak huuuuuuuuuuu.......... termasuk pasangan suami istri Perancis yg duduk sebelah gw.

2 comments:

Yoga Raharja said...

Salut Irene,
C'est dommage, j'etais tres occupe et ne pouvait pas aller voir ce film au cinema quand on le tournait au festival sinema Perancis a Denpasar, il y a 2 semaines.. :(
C'est une bonne promo pour l'Indonesie.. surtout Bali et Lombok.
Tous mes clients francais me demandent toujours "Je voudrai aller voir les rizieres que j'ai vu dans le film toute la beaute du monde.." hehehe..

Merci pour le partage ya..
Amities,
Yoga

marvin david said...

mbak,,dmna ya bs dnlot film ama subtitle english nya jg ya?? thanks..