Friday, July 7, 2006

Hati2 di JPO & busway (khususnya para cewek)

Aku mau share pengalamanku dan mau ingetin cewek2 untuk selalu berhati2, khususnya yg sering menggunakan jasa busway dan menyeberang di JPO (Jembatan Penyeberangan Orang).

1. Kamis minggu yg lalu (29/06), aku naik busway dan turun di halte Sarinah sekitar jam 21.30. Waktu itu memang JPOnya cukup sepi tapi karena lampunya cukup terang, aku berani2 aja. Pas aku lagi jalan dari tanjakan halte busway menuju JPO, di tengah2 JPO Sarinah itu kan ada lift yg belum beroperasi, di situ ada laki2 pake celana pendek sedang (maaf) masturbasi. Untungnya aku cuma lihat sekilas, karena waktu aku jalan, pandangan aku kan lurus ke depan, aku lihat kok ni orang aneh banget, berdiri menghadap ke tembok dan tangannya melakukan "kegiatan yang aneh". Aku langsung jalan cepet2 dan buang muka soalnya aku tahu orang kayak gitu biasanya seneng kalau diliatin atau dpt perhatian dari orang sekitarnya. Aku ngga inget ciri2 orangnya kayak apa karena badannya setengah menghadap ke tembok. Girls, please be carefull yah kalau ada yg nyeberang di JPO Sarinah, entah itu siang atau malam. Takutnya orang itu muncul lagi dan melakukan pelecehan seksual or even worst, memperkosa.

2. Kejadian yang satu lagi ini baru aja terjadi semalam (06/07), jamnya sama sekitar 21.30. Tadi malam kan aku pulang naik busway lagi, dari halte Senayan mau turun di halte Sarinah. Waktu buswaynya udah nurunin penumpang di halte Bundaran HI, aku siap2 dong karena abis itu halte Sarinah. Nah pas aku lagi jalan menuju arah pintu busway, tiba2 ada satu cowok yang mau turun juga. Nah posisinya dia itu di sebelah kanan belakang aku. Lagaknya dia itu ngga sabaran dan dorong2 aku seolah2 aku nutupin jalannya dia. Dia ngomong gini sama bapak2 yg di sebelahnya dia, "Bapak mau turun juga ?". Bapak2 itu jawab "Sebentar." Lho kok aneh, harusnya kan dia jawab ya atau tidak. Nah itu cowok ngedesak aku lagi, karena aku kesel aku tegor dia "Sabar aja dong mas, saya juga mau turun. Ngga bakal ditinggalin kok sama supirnya, kan dia nungguin penumpang yg turun dan yg naik. Kayak ngga pernah naik busway aja.". Eh tau ngga itu cowok bilang apa ?? "Diem loe, gw gampar loe !". Gilaaaaa.... KURANG AJAR banget ngga sih ? Penumpang satu busway pada ngeliatin sampai2 ada yang ngomong gini "Eh mas, kurang ajar banget sih sama perempuan kok ngomongnya kayak gitu."

Ga lama pas buswaynya sampai di Sarinah, kan pintunya terbuka dan tu cowok mau turun duluan, eh dia turun sambil ngeliatin aku dengan tatapan marah seolah2 dia masih marah & mau mukul aku. Aku ngga langsung turun karena dia masih ngeliatin aku dan aku takut kalau tiba2 dia mukul aku. Aku tungguin sampai dia jalan duluan dan keluar dari halte busway. Begitu dia keluar halte busway, dia masih ngeliatin aku. Aku ngga langsung keluar, aku tunggu sampai dia jalan menjauh. Karena aku merasa terancam, aku langsung deketin petugas halte busway yg kebetulan juga ngeliat ada yg ngga beres antara aku sama tu cowok. Trus aku bilang sama petugasnya "Mas, itu orang ngancem saya". Eh, tau ngga, itu cowok udah di luar halte busway, tiba2 dia balik ke arah halte sambil ngeliatin aku, nantangin gitu, seolah2 kayak ngomong "Ngapain loe ngadu2". Udah gitu dia sempet nunjuk2 aku. Kurang ajar ga sih tu orang ??? Di halte Sarinah ada 2 ibu2 yg baru turun dari busway arah Kota, mereka tanya kenapa, ya aku ceritain aja apa yg terjadi, mereka bilang gini "Jangan2 dia copet mbak... coba cek barang2 mbak masih lengkap ngga ?" Oh iya yah, aku tuh sama sekali ngga kepikiran kalau tu cowok bisa aja copet. Aku cek tasku, semua barang masih ada, aman. Bisa jadi tu cowok tadinya mau nyopet aku, trus gagal dan dia jadi kesel trus imbasnya dia jadi marah2 sama aku. Copet kan dimana2 gitu, kalau dia gagal atau gelagatnya mulai ketahuan, dia jadi marah2. Aku juga jadi inget waktu di busway kok banyak orang yg berdiri di pintu padahal di dalam masih kosong dan bapak2 yg ngejawab "sebentar" itu bisa jadi temannya yg bertugas ngasi kode ke tu cowok.

Ih, aku sebel banget sama tu cowok, dasar banci, beraninya sama perempuan.... Ciri2nya tu cowok kulit putih seperti (maaf) orang Sunda/Chinese, badannya sedikit kekar, pakai kaus abu2 ketat & celana jeans, rambut pendek, bawa tas selempang, pokoknya rapi deh... ngga keliatan nyeremin atau ada potongan kriminal. Penampilannya tuh kayak (maaf) gay2 yg suka nongrong di gym. Huh, emang beneran banci tu orang.... baru aku tegor gitu aja, udah marah2 pake acara ngancam mau ngegampar segala. Kalau cowok normal, ditegor gitu kan yg ada juga malu, bukannya marah2 kayak gitu. Penampilan sih boleh rapi dan necis, tapi jangan salah, copet banyak juga yg penampilannya keren biar ngga dicurigain kalau mereka copet.

Girls, be careful yah, jangan smp kejadian di atas terulang lagi, mudah2an si copet yg gagal itu dpt balasan yg setimpal....

15 comments:

arien, neng said...

kapan kLo ketemu dia Lagi, Langsung tampar aja ren...

!pe :] said...

duh iren, thanks buat sharingan-nya... secara gue juga kalo pulang malem prefer naek busway sih.. biar lebih hati2, alhamdulillah sampe sekarang blon nemuin kejadian yg aneh2 sih, kcuali waktu itu ada cowo coba2 moto gue pake hp-nya dan ketahuan, hehehe...

Dewi Rieka said...

Hii..serem benerr..semoga dijauhin dari hal2 kek gitu lagi ya ren...amit2....

Dewi Rieka said...

Iya, hati2 lho ada yg moto apalagi di busway..ada kan yg jadi korban gara2 pake rok mini gitu foto na beredar di net...dasarr psikopat...

" Aya " said...

semua kejadian di busway sarinah......*gudebraks...lemes* itu kan jalur akyu, sis...

!pe :] said...

kalo yg ini juga yg make rok keterlaluan sih mini-nya... jadi mancing juga kaaan... ;p
wkt itu sih orang itu mo mhoto tampangku kok... ;)
*sok cakep mode on*

Gina (*_*) said...

hiiy sadis..temen deket gw juga ada story tuh di busway. waktu itu sekitar jam 6/7 malam. jam-nya orang kantor pulang jadi kebayang yah penuhnya bus termasuk busway ini. gw lupa dia naik dari halte mana tapi ke arah Blok M. krn tempat duduk penuh,dia trpaksa berdiri. dibelakangnya ada laki2 dgn baju putih-putih & peci. tiba2 tuh cowo balik badan-menghadap ke temen gw. and (maaf) menggesek-gesek anu-nya ke (maaf lagi) bokong temen gw ini. cukup lama bo. mungkin 10 menit. (but it feels sucks,i bet). temen gw gk bisa apa2.takut.jadinya dia cuma bsa nangis.masya allah kok tuh laki gak pake otak yah. jangan pake peci lbh baik kalau kelakuannya kayak gitu....(maap irene kepanjangan hiks)

Deedee Caniago said...

aduh, iya, itu cowok typical copet banget...
untung loe nggak apa2 yah...*pheeww*

sossi sagaya said...

memang kudu ati-ati sepanjang trotoar jalan thamrin, jalur plz indonesia-sarinah
- seorang teman wartawan yang berkantor di gedung jaya pernah kena tuh. sistemnya orang-orang itu langsung ngurung. melayanglah hp.
- seorang aktor muda yang main di film "gie" pernah kena dekat halte plaza indonesia. dia cerita digiring ke arah tempat sepi di kebon kacang. di sanalah dia dikuras. ini cerita dia langsung yah...
- di stasiun tv o channel pernah ada yang curhat kalau dia kena todong di trotoar dekat e-x. saya sih cuma dengar penuturan dan modusnya aja...
- saya sendiri pernah pakai ransel kedua talinya digemblok di punggung dan jalan menyeberang di jpu ke arah wisma nusantara. tiba-tiba ada perasaan ngga enak. pas sontak nengok ada seorang pemuda bertopi mencoba membuka tas. begitu ketahuan eh dia pura-pura beli korek gas di kaki 5 yang ada di jembatan itu.

tipsnya sih mudah perhatiin orang-orang yang di dekat anda. jangan lengah. kalau bergerombol dan saling kenal bisa jadi itu komplotan copet.

susi kelibana said...

duh...serem amat sih. thanks for sharing... soalnya gue juga sering naik busway, tapi karena halte harmoninya masih renovasi (kapan selesainya ya?) jadi gue suka bareng temen gue.

Aimee Ng said...

serem bgt sih rennnn....
next time lebih hati2 ya sis!

Lina Kawaigaru said...

Jangan pulang mlm2 sendirian buat cewe...kalo pulang mlm mending ada yg temenin

Severine Yenny said...

ren, gw juga pernah berantem sama cowo di JPO. Gara2nya dia mo ngelewatin gw tapi maen dorong aja, gw kan spontan teriak "AAASSSHOOOLE!!!", terus si banci itu malah balik badan dan bilang " Kenape!!" dengan tampang cina culunnya yg dibikin2 sangar. terus gw bilang aja, "LO GA SEKOLAH?!! GA ADA SOPAN2NYA!!! BILANG PERMISI DONK! JANGAN MAEN DORONG AJA!!!" selesai gw ngomong gitu, terus dia balik badan as if nothing happened, tapi sambil ngedumel2 ga jelas. Akhirnya dia jalan di depan gw, sampe depan loket (sukurin) dia harus antri panjang, sedangkan gw yang pake multitrip bisa langsung jalan. Karena gw masih gondok, gw lewatin dia dan bilang sekali lagi, " ASSHOLE!!!".
the moral of the story: kita cewe2 pengguna public transportation SHOULDN''T be afraid to speak UP and defence urself. HAJARR aja laki2 banci2 yang ga tau cara ngantri, yang aneh2, apalagi yg sakit jiwa. (maap replynya panjang, lagi menggebu2 nih ceritanya..)

*♥ d!@n ♥* said...

hati2, kalau sdh malam jangan jalan2 sendiri. Ngeri....

Irene Barus-Henuhili said...

dear all, thanks buat perhatian & sharingnya.
2 kejadian di atas itu memang terjadinya malam karena aku pulang kursus jam segitu dan soal pulang sendirian, ya karena memang ngga ada temen pulang bareng.
next time aku bakal lebih hati2 dan waspada, kalian juga yah... hati2 di jalan....