Saturday, April 14, 2007

[FSP] U

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Animation
Satu keluarga pemusik yang terdiri dari Baba, istri Baba, Lazera, Kulka dan Mimi pindah ke sebuah hutan milik Mona & keluarganya. Mona sendiri mempunyai teman seorang manusia unicorn bernama U. U menemani Mona sejak dia masih kecil sampai sekarang sudah bertumbuh menjadi gadis yang cantik. Mona yang selama ini tidak pernah mengenal musik, jatuh hati kepada Kulka yang pandai memainkan alat musik gitar. Sayangnya kebahagiaan Mona menemukan cintanya tidak membuat U bahagia. U menjadi sedih karena begitu Mona menemukan cintanya, ia tidak akan membutuhkan U lagi sebagai “malaikat pelindungnya”. Tubuh U menjadi mengecil dan ia ingin meninggalkan Mona. Mona yang sangat sayang pada U tidak ingin U meninggalkannya dan menyalahkan Kulka atas kepergian U. Di satu sisi Lazera ternyata menyukai U.

Di kastil tempat Mona tinggal juga terdapat seekor tikus betina tua dan anaknya (ngga tau ini pelayannya Mona atau masih keluarganya) yang tidak setuju keluarga Baba cs tinggal di hutan tersebut, terutama si tikus betina tua. Berbagai cara ia lakukan supaya keluarga Baba cs pergi, namun pada akhirnya malah dia yang lenyap akibat jatuh dari jendela kastil dan hilang ditelan ombak laut.

Pada akhirnya anak tikus betina tua itu pergi dari kastil dan ikut mengembara bersama keluarga Baba cs. Sementara Mona dan Kulka memutuskan untuk hidup bersama di kastil. Kemanakah U ? Apakah Mona dan U akan bertemu kembali ?

Film kartun ini tipikal film kartun Perancis. Musiknya keren dan gambar2nya kayak lukisan. Kalau udah biasa nonton film kartun besutan Disney atau Pixar, mungkin animas film ini jauh banget dari kata bagus. Tapi sometimes, it can refresh you more than you thought……

No comments: