Sunday, December 9, 2007

Hati-hati Kosmetik Palsu



Kemarin gw nonton Reportase Investigasi di Trans TV mengenai kosmetik palsu. Dari penyelidikan tim Trans TV, ada 3 jenis kosmetik palsu yang selama ini beredar di masyarakat.


1. Krim pemutih wajah
Ada 2 ibu yang mukanya jadi rusak (kulitnya menghitam) gara2 krim pemutih wajah palsu yang mereka beli di pasar tradisional. Model krim pemutihnya itu yg kemasannya seperti Tull Jye atau Tje Fuk. Pemalsu obat ini menggunakan bahan2 kimia yang dapat diperoleh di toko kimia dan mereka mencampur2 bahan tersebut sehingga menjadi 2 macam krim yg diakui sebagai krim pemutih wajah. Krim2 tersebut dikemas dalam tempat2 kecil dan diberi label "Natural 99" lengkap dengan no registrasi POM di bawahnya (yg mana nomor itu tidak pernah ada). Ada 2 macam krim, krim pagi dan krim malam. Yang satu warnanya putih, satunya lagi warna kuning. Krim2 palsu ini dijual ke toko2 kosmetik di pasar tradisional dengan harga Rp. 25.000/lusin !

2. Pembersih muka & body lotion
Gw kaget banget pas nonton liputan yg ini karena yg dipalsukan adalah :
- Viva Face Tonic
- Citra Green Tea Body Lotion
- Citra Mangir Body Lotion
Sindikat pemalsu ini mengumpulkan botol2 kemasan bekas yang dicuci kembali lalu diisi dengan cairan kimia yang berbahaya. Parahnya nih, menurut pengakuan si pemalsu mereka juga bekerja sama dengan sales dari pabrik kosmetik yang mereka palsukan, untuk mendapatkan formula yang mirip dengan kosmetik asli. Di sini dikasi liat perbedaan antara face tonic yang asli dan yang palsu. Di dalam panci dinyalakan api dan face tonic yang asli dituang ke dalam panci itu, hasilnya nyala api kecil. Ketika face tonic yang palsu dituang ke dalam panci, nyala apinya besar sekali ! Si pemalsu ini meniru persis formula kosmetik yang mereka palsukan, sampai2 mereka punya plastic seal untuk menyegel tutup botol.

Poin no 1 & 2, bahan2 yg mereka gunakan salah satunya adalah soda api atau caustic soda yang biasa digunakan untuk mengelotokkan cat mobil !

3. Kuteks
Nah ini dia yg bikin ngeri juga, ternyata kuteks ada yg dipalsuin juga ! Modus operandinya, pemalsu membeli botol2 kuteks bekas dari pemulung, dibersihkan kemudian diisi dengan cairan kuteks palsu yang terbuat dari terpentin, metanol dan cat tembok ! Untuk beberapa botol kuteks bekas yang masih ada sisanya sedikit mereka tambahkan dengan vernis supaya jadi cair lagi dan jumlahnya banyak. Dari beberapa merk yang mereka palsukan, mereka pilih merk yang labelnya bisa dilepas karena bisa mereka ganti dengan label yang baru. Perbedaan kuteks palsu dan asli, kuteks yang palsu itu kalau dipakai di kuku terasa dingin, trus warnanya juga beda dari warna asli. Kemudian dari kemasannya (yg gw bisa tebak dari botolnya itu kuteks Revlon yang mereka palsukan), kalau botol kuteks Revlon kan di tutupnya ada 3 garis warna emas, nah yang palsu itu warna emasnya udah pudar. Trus di tutup botol kuteks Revlon kan ada keterangan nomor dan nama warna kuteks, nah kalau yang palsu ngga ada karena udah mereka copot.

Gw ngga bermaksud menakut2i, tapi ada baiknya kita berhati2 dalam membeli kosmetik. Peredaran kosmetik palsu ini sebagian besar terdapat di pasar tradisional. Hati2 juga kan di ITC suka ada tuh yg jual kosmetik murah2 mulai dari harga 5rb, 10rb dll.

Mungkin kita yang tinggal di kota2 besar dapat menghindari dengan membeli di counter resmi kosmetik yang bersangkutan, tapi yg bikin gw sebel adalah kasian kan orang2 yang tinggal di daerah & membeli kosmetik di pasar tradisional karena di kota mereka belum tentu ada counter resmi. Oiya, mungkin kita juga bisa membantu mengurangi peredaran kosmetik palsu ini dengan menghancurkan kemasan kosmetik sebelum dibuang ke tempat sampah. Misalnya botol kuteks dipecahin dulu, botol bekas pembersih dipotong jadi dua atau diremukkin dulu.

Mudah2an ngga ada yg jadi korban dari kosmetik2 palsu. Pakai tas palsu atau baju tembakan mungkin ngga berasa dampaknya tapi kalau kosmetik palsu, kulit kita yang bakal ngerasain dampaknya, such as kanker kulit.

31 comments:

Ragil Megan said...

Joo thanks for the info yahhh.. great to know we can contribute by destroying the bottles dulu sebelum dibuang. Nggak pernah kepikiran. I'll do that from now on. Kecuali botol2 the body shop yang bisa dibalikin ke counternya untuk didaur ulang kali yah. Thanks again..

!pe :] said...

Duoh!
Gue dah lama si, ga pake viva face tonic, tp gue kan pengguna setia viva milk cleansernya!! *mo marah*
Bijimane dong nih??.. :-S
Eniwei, emang beneran tengkyu buat informasinya ya, bow.. :-)

Andara's Family said...

iya ren...kadang2 kosmetik murah yg dijual di itc2 itu kita musti kudu ati2. takutnya ya itu dipalsukan. gw mah paling takut deh kalo utk muka. thanks for sharing yah jenk ;)

dyah ru said...

setuju dg menghancurkan kemasan produk kosmetik. yg ini udah aku lakuin sejak liat pemalsuan bedak bayi di tipi.

nuky happy said...

wew...dulu waktu kuliah akoh pake viva ;p sekarang dah beralih ke erha...belinya di konter resminya jadi gak bakalan palsu..pfhuiih.....

shrie amriza said...

Iya tuh aku juga nonton. Yup...betul sebaiknya botol bekas kosmetik kita di rusak dulu sebelum di buang...

merica pedas said...

iya irene... gue udah agak lama membaca soal ini... trus gue ngalamin sendiri waktu tukang pijet gue bawa body lotion merek ponds... kayaknya ponds kan cuma ngeluarin produk buat muka ya... kenapa ada body lotionnya... gue lgs bilang ke mbak pijet itu.. jangan asal beli body lotion yg asal murah...

trus gue pernah juga iseng ke pasar tradisional.. trus nengok2 ke toko obat/kosmetik.. byk bgt merek ternama... tapi harganya murah2 bgt... serem aja gue ngebayangin bahan kimia apa aja yg ada disitu. kosmetik asli aja kalo ga cocok bisa bikin muka rusak apalagi yang ga jelas gitu....

gue udah memulai kebiasaan 'merusak' bekas2 bungkus odol, sabun cair, kosmetik, perfume, botol minuman, kemasan obat, obat2 yg udah kadaluarsa dan mau dibuang juga gue buka dari bungkusnya trus gue ancurin pil/tabletnya sejak beberapa bulan lalu. agak repot awalnya.. tapi lama2 biasa juga...

hiks..

herlina sitorus said...

hiiiy ... yg paling nyeremin si soda api yg digunakan untuk ngelupas cat mobil, tapi digunakan untuk campuran kosmetik palsu, hiiiy ... ngebayang donk efek serem si soda api pada wajah kita .... hiiiiy

Irene Barus-Henuhili said...

iya, kalau bisa botol yg beling dipecahin dulu, botol plastik digunting2
soalnya akar dari pemalsuan ini kan karena ada kemasan bekas yg bisa diisi cairan kimia ngga jelas.

Irene Barus-Henuhili said...

beli di counter resminya pe, atau di supermarket yg lebih terjamin keasliannya karena pasti dia kan nyetok barang langsung dari pabriknya

Irene Barus-Henuhili said...

gw sih ngga pernah beli kosmetik2 di itc gitu ran
biarpun merknya udah terkenal, tapi gw curiga kalau itu palsu

Irene Barus-Henuhili said...

gila ya, bedak bayi aja dipalsuin....

Irene Barus-Henuhili said...

botol2 bekasnya shrie udah dirusak belum ?

Irene Barus-Henuhili said...

aku juga pake erha, sunscreennya aja sih
mudah2an ngga dipalsuin ya sama orang dlm

Irene Barus-Henuhili said...

makanya, cat mobil aja bisa ngelotok, bisa2 topeng copot dari muka kita hehehe...

Irene Barus-Henuhili said...

mami ica, kalau sekarang ponds udah ada body lotionnya, enak lho wanginya...
kalau dulu tuh di pasar2/itc ada body lotion, two way cake yg jelas2 ngga pernah dikeluarin sama ponds.

yg kasian itu orang2 yg tinggal di daerah, mereka kan beli kosmetik di pasar tradisional, nah jadilah mereka sasaran kosmetik palsu ini.

soal obat, iya tuh obat baiknya digerus dulu atau dibuang ke dalam kloset aja.

Rini La Gosse said...

hah! kuteks dari cat tembok? sinting

Rini La Gosse said...

kalau obat2an gue concern banget ca. kalo udah gak gue pake gue buka2 semua dari bungkus dan botol dan gue buang isinya...

soalnya pernah juga nonton transtv investigasi yang obat2an dijual lagi sama pemulung ke toko obat...

yikes.

Irene Barus-Henuhili said...

yup !
gag kebayang kan ?
itu cat temboknya dulux atau mowilex ya kira2 ? hahahaha

Irene Barus-Henuhili said...

iya, gw juga nonton pas soal yg obat2 ini
itu si pemulung boleh ngumpulin obat2 yg dibuang ke tempat sampah
makanya sejak nonton tayangan itu gw selalu gerus obat yg udah expired trus buang di kamar mandi.

Rini La Gosse said...

entahlah dulux atau mowilex coba tanya ica hihihihi

Rini La Gosse said...


iyah yang obat2an itu serem banget apalagi kalo obat anak2 :( kalo orang gak tau dan maunya dapat beli murah yah apes... makanya hati2 banget deh
.

Rini La Gosse said...


iyah yang obat2an itu serem banget apalagi kalo obat anak2 :( kalo orang gak tau dan maunya dapat beli murah yah apes... makanya hati2 banget deh
.

astri maretta said...

serem banget yah yg palsu2 gitu....gue juga pernah beli tuh kutek yg kaya gitu...iseng aja..trus kuku gue jadi kering bangetttrus rapuh...kl buat muka ga berani deh...

uthe regina said...

menghancurkan kemasan sebelum gue buang sudah gue lakukan sejak SMA. Gara-gara waktu itu rumah gue didatengin orang, nanya punya botol perfume kosong apa nggak, mau dia beli. curiga lah gue, gue bilang aja nggak ada, nggak make perfume (dulu white musk perfume oil masih 25ribu, hihihi).

kebiasan itu berlangsung sampe sekarang. minuman kaleng gue remukin dulu (dikit sih). tube odol gue gunting. kemasan lainnya juga begitu. supaya ga dipake lagi. perfume ga pernah gue buang, hahahaha... gue suka aja liat botol2nya.

Irene Barus-Henuhili said...

sama the, apalagi yg udah ngga keluar lagi alias limited edition

Irene Barus-Henuhili said...

sama gw juga pernah
mana gw demen koleksi kuteks beraneka ragam mulai dari yg ribuan sampe puluhan ribu......

Henie ZR said...

mengenai soda api atau caustik soda, ini di luar pemalsuan kosmetik. Sebenarnya soda api ini juga diperlukan dalam pembuatan sabun mandi atau lotion, tetapi dengan ukuran yang tepat. Dalam pembuatan sabun soda api (NaOH) diperlukan untuk mengubah lemak / minyak menjadi sabun, sekali lagi harus dengan pengukuran yang tepat. Saya baru saja membuat sabun natural, dan tentu saja harus memakai caustik soda, sebab itu adalah bahan utama selain minyak. salam kenal......

IweT ,, said...

duLu gw jg pernah beli lipstik di tempat yang model2 itc gt..emang c cuma 6rb..ternyata malah bikin bibir pecah2 n kering bgt..langsung aj gw buang..serem....

>_

JL 781 said...

Aku anak baru..

Aku putih2 tubuh brubah coklat yg biasa..
Aku halus brubah jerewet yg sdikit (Krem masker wjb sariayu),wjhku putih brubah coklat biasa (OLAY white radiance) dn tubuhku brubah coklat itam (lontion hijau citra).. Itu palsu sih..

Makasih sudah yg info nya

JL 781 said...

Yg kemarin Aku baru beli tje fuk(transparent soap black).. Harga 27500 di toko superindo.. Aku kaget, ada Tje fuk yg palsu ga??