Friday, November 3, 2006

yang enak itu keluar dulu, baru masuk....

Heran deh sama penduduk Jakarta yg katanya kota metropolitan, tempatnya orang-orang bergaya hidup modern. Sebagai pengguna busway, hampir setiap hari gw kesel sama kelakuan orang-orang yang ngga tau aturan dalam menggunakan jasa busway. Dimana-mana tuh kalau mau naik kendaraan, dahulukan orang yang keluar, baru deh penumpang yg masuk ke dalam kendaraan. Lha ini, setiap kali gw turun di halte busway Sarinah, belum juga gw keluar dari bus, orang-orang yang mau naik udah langsung ngegabruk aja masuk ke dalam bus. Yang bikin tambah ngeselin, kadang-kadang satgasnya malah diem aja ngga berusaha untuk mengatur. Kalo udah ngeliat situasi kayak gini, gw berubah jadi galak dan biasanya gw omelin aja tu orang-orang, “Woi, sabar dong, yg turun dulu baru deh situ pada naik!”.

Udah keluar dari busnya susah, keluar dari haltenya juga susah karena orang-orang pada berkerumun di depan pintu halte dan ngga ngasi jalan buat yg baru keluar dari bus. Lha, gimana sih…… Lagi-lagi gw musti ngomel karena gw jadi ngga bisa lewat malah kadang pernah kedorong-dorong sama mereka. Mereka tuh ngga mikir ya, gimana mereka mau masuk ke dalam bus kalau yg pada mau turun aja belum keluar dari bus. Padahal nih ya, kalau aja mereka mau bersabar, toh ngga akan ditinggal sama busnya. Gw pun kalau misalnya gw mau naik busway, gw dahulukan yang keluar dulu, setelah orang-orang yang mau turun di halte itu udah keluar, baru deh gw naik. Kalau begitu kan lebih teratur jadinya.

Kejadian kayak gini ngga cuma terjadi di busway, tapi juga di kereta. Sebagai anak kereta selama 6 tahun waktu gw kuliah di UI, gw udah ngerasain rasanya berjejal2 di KRL Jakarta – Depok, didorong-dorong, yang pada mau naik ngga sabaran untuk masuk sementara yang pada mau turun belum keluar dari gerbong. Gw masih bisa memaklumi karena ngga ada petugas yang mengatur seperti di busway dan tipikal pengguna KRL ekonomi itu berbeda dengan pengguna busway (yg katanya lebih tinggi SSEnya).

Selain di busway & kereta, kejadian keluar masuk ini juga sering banget terjadi di lift. Ugh, gw gondog banget waktu itu di lift Bakmi GM yg di Jl. Sunda. Jadi gw kan naik lift mau menuju ke lantai 3 atau 4 gw lupa, trus begitu liftnya kebuka tiba-tiba ada seorang ibu bawa anaknya langsung masuk aja ke dalam lift dengan terburu2 tanpa melihat ada orang yang mau keluar dari lift itu. Saat itu gw marah banget karena kelakuan ibu itu, padahal dari dandanannya kelihatan kalau dia itu orang kaya dan berpendidikan. Tapi ternyata…… attitudenya kayak orang udik.

BTW, pada ketipu ngga ama judul journal ini ? hehehehe...


28 comments:

XXXX YYYY said...

ketipu sih nggak... cuma emang dulu sering ngalamin waktu masa kuliah. tau sendiri khan klo kita naik kereta pada jam sibuk udah kaya apa... ck ck ck

o.. di UI juga toh! pasti dulu kita pernah naik satu kereta yang sama... wekekekek

liza dwiandini said...

keluar dulu, baru masuk...
kayaknya berlaku juga buat di lift tuh ren !!
paling sebel, pengen murka..
sama orang2 yang lagi nunggu lift,
tapi yaitu.. langsung gabruk aja...
sedangkan yang didalem malah makin meringsek..*halah...*
tapi biasanya kalo ada yang gabrukin gue dari luar lift,
gue tabrak aja..
sambil gue bilang...
"dahulukan yang keluar !!! dahulukan yang keluar !!!!"

doooohhh....

Keko Chez Umar said...

Hallo Irene.

Kadang-kadang gw kasihan juga sama satgas, kerepotan ngurusin pengguna busway yang sering bergaya 'udik' itu. Sebenarnya kan dia udah cukup ngasih sign, melarang penumpang di halte naik sebelum yang di bus selesai turun. Tapi banyak yang gak peduli sama tanda yang dia berikan. Alasannya: buru-buru.

Bryan Tamara said...

aduh kirain apaaa gitu.... xixixixxixx...

dinar liebe said...

ya gitu deh... Indonesia mah emang terkenal dengan budaya nya yang kurang disiplin.
Di Dufan juga gitu. Pokoknya, gak pernah bisa nunggu deh, selalu maunya nyerobot.
Kebiasaan dari mana ya?
Pdhl pemerintah membanggakan budaya orang Indo yang sopan santun. Tapi yang beginian aja, kok gak mau ngantri. Hueran bin binun aku kalo mikirin ttg antri... Kuesel iya juga...

ting ... ilang! said...

Berbangga lah jd bangsa indonesia kelian semua wakakakak ....

Irene Barus-Henuhili said...

yep, gw anak fisip, d3 paris 1999 & ekst. humas 2002
iya yah, bisjad kita pernah satu kereta hehehe

Irene Barus-Henuhili said...

ngebayangin icha teriak2 di pintu lift hihihi....

Irene Barus-Henuhili said...

iya, memang penumpangnya sendiri pada ga tau aturan
makanya satgasnya harus tegas dan galak2 supaya bisa pada diatur
susah ya orang jakarta, musti dikerasin dikit baru deh pada disiplin

Luka Muhamad said...

biasa aja judulnya...

Ciput McQueen said...

pernah ngeluh u/ lift di hotel berbintang 5 di bandung

fathia syarif said...

Setuju dengan dirimu!

merica pedas said...

iya ren.. gue juga sebel...
kadang kalo gue lagi kumat sintingnya... gue jalan aja dengan gas pol.. dan gue tabrak2in orang2 yg masuk itu.. biarin aja mereka mengumpat...

Tina Kartahadimadja said...

mberrr!!!! stujjuuuhh!! gw jg plg sebel sama orang yg maksa masuk duluan ke lift or kereta or bis apapun lah. ga bisa apa ya tunggu dulu orang laen keluar, baru masuk. fuiihh!! ga da alesan buru2x. semua orang juga buru2x!! sebell !!! (*loh jd emosi nih*)

Irene Barus-Henuhili said...

apa hayoooo.....

Irene Barus-Henuhili said...

jadi inget stiker bebek yg ngantri ituw....

Irene Barus-Henuhili said...

om ciput : ceritain dong complainnya, pengen tau...
fathia : *toss*
mom ica : iya mom, gw juga biasanya gw tabrak2in sambil gw umpat. bodo amat deh mereka ngumpat balik, wong yg salah mereka
tina : mberrr... kalau mau cepet terbang aja, iya ngga ?

Cak Uding said...

Makanya saya sekarang sok santai saja masuk paling akhir...orang orang tuh kadang males berdiri, males susah. Berebutan masuk kereta pengen cari tempat duduk (meskipun harus berkompetisi dengan ribuan orang), pengen cepet cepet masuk lift biar dapet tempat dibelakang (biar enak bisa nyender) pengen cepet cepet masuk metro kalo lagi ada diskon gila gilaan. Orang Indonesia (mungkin saya juga karena sudah terpengaruhi lingkungan) adalah orang orang yang agak agak egois...:-)

Mario Hadiwono said...

Oh noooo dia mulai sinis....

Irene: lo dulu naek kereta dari mana? gue dari Cikini/Gondangdia... tapi kayaknya kita gak pernah bareng yah? jam kuliahnya beda... hehehehhe

liza dwiandini said...

onyon.. ketularan kamu... bwek !

Irene Barus-Henuhili said...

dan makin hari makin ngga sabaran
apalagi kalau udah di jalan raya, srabat srobot sana sini....
mungkinkah orang indonesia sebenernya berjiwa kompetitif cuma disalurkan dalam cara yang negatif ? kompetisi rebutan tempat duduk maksute hehehehe...

Irene Barus-Henuhili said...

mario : gw dulu naik dari manggarai. ya iyalah bow ga pernah barengan.. secara situ kuliah pagi, sini kuliah siang, tapi mungkin jam nongkrong di balsemnya bareng tuh secara dulu sering cabut ke balsem pas jam kuli hehehe...

icha : sesama orang sinis dilarang saling meledek hihihi....

Eva Tio Pitna said...

wah ini mah udah jadi budaya buat orang indo ya..., gue juga gak ngerti kenapa ya susah banget ya buat diatur. Kan kalau tertib dan disiplin yang jadi nyaman dan enak kita sendiri ya. Gue kadang-kadang mikir, kalau duluan, emang dapat hadiah?

bia ^_^ said...

kalo menurut gw sih.. orang buru2 karena keterlambatan yg sama sekali gak bisa diprediksiin. kalo grasa grusunya sih lebih karena egois aja. gak tepo seliro sama lingkungan.

Irene Barus-Henuhili said...

eva : biasanya orang pada mau duluan karena pengen dpt tempat duduk, karena ngejar waktu, atau karena takut ditinggal, but most of them kyknya karena terburu2. padahal solusinya kan bisa berangkat lebih awal.

ira : susah juga sih ra, kadang kita udah berangkat lebih awal tapi situasi ga mendukung, cthnya macet. di jakarta ini semuanya unpredictable khususnya soal lalu lintas

Andre Pelenkahu said...

untung ga ketemu....bagus deh cun...hehehe

Rini La Gosse said...

halah...gak dimana2 di jakarta paling BT sama pengalaman keluar masuk bis dan naik turun lift...mau pendidikan tinggi atau rendah SAMA SAJA attitudenya kalau sudah nyampe balik ke Jakarta! jadi Kampung! Norak!

pengalaman turun - naik busway gue kemarin juga kayak gini rene, waktu wisata busway 29oktober sama saudara2 gue...mana bawa anak2 lagi...untungnya badan laki gue gede...sembari dia gendong adam gue sambil gendong naia bersembunyi di belakangnya...biar aja laki gue yang ngeringsek masuk ke bus dan gue ngekor...phew! perjuangannya...mana panas pula...bawa anak2 pula...gyaaaa....

Irene Barus-Henuhili said...

iya, gw juga suka kasian tu sama penumpang yg bawa anak atau ibu hamil. sebisa mungkin kalau gw lagi duduk dan gw liat ibu hamil, pasti gw kasi tempat duduk gw buat dia. gw pernah rin, negor mas2 yg pada duduk (satu deret bangku cowok duduk semua) untuk ngasi tempat duduk ke ibu hamil yg berdiri, tapi tu ibu jadi ngga enak gitu sama mas2nya. kemarin ini juga, ada ibu2 bawa anak, gw kasi tempat duduk buat dia. ga kebayang aja kalau misalnya pas kita yg lagi hamil/bawa anak trus musti berdiri di busway yg kadang suka sesak itu....