Tuesday, November 28, 2006

CatPer Hari 02 : Surabaya – Cemoro Lawang

Minggu, 19 November 2006

Hari kedua kita bangun jam 6 pagi. Tumben2an banget hari Minggu bangun jam 6 pagi (!). Rencananya mau ke Pasar Pandegiling sama Mbak Dwi, trus balik ke rumahnya Ai jam 6.30 dan berangkat ke Gereja Katedral Surabaya untuk misa pagi yang jam 7. Tapiiii.. secara Ai baru tidur subuh karena keasikan ngobrol sama temennya yg juga nginep, akhirnya ga jadi ke gereja. Gw dan Mbak Dwi memutuskan untuk menjelajah pasar dan cari sarapan. Pergilah kita naik motor ke Pasar Pandegiling yang letaknya kira2 500m dari rumahnya Ai. Pasarnya sendiri kecil, letaknya di gang perumahan padat, untungnya ngga ada yg jual ayam hidup di sini, kalo ada, bisa2 gw jejeritan ngga jadi hunting photo kegiatan pasar. Waktu gw photo2 pasarnya, ibu2nya pada nyeletuk “Eh alah…. Itu mo disoting……” Mungkin karena mereka lihat gw bawa camera DSLR sangkanya mau diphoto buat dimuat di koran kali ya hihihihi…. Cukup seru juga hunting photo pasar, sayangnya gw masih setengah ngantuk jadi ngga begitu bersemangat photo2nya.

Jam 06.30 kita selesai belanja, oh iya Mbak Dwi belanja toge, kacang panjang, jagung, cabe dkk soalnya dia mau masak bakwan jagung ama tumis kacang panjang pake toge. Dalam perjalanan pulang ke rumah, kita sempet mampir dulu di satu warung untuk sarapan ketan. Sampe rumah, Mbak Dwi langsung sibuk di dapur ama Ai sementara gw tepar… dan tidur dengan sukses, pas gw bangun mereka udah kelar masak dan tinggal makan aja deh hehehehe…… Ternyata yg masak pun ngga mau kalah, abis makan, pada tepar juga hihihi… akhirnya kita tidur rame2 dan baru bangun lagi jam setengah 12 siang. Bangun2 laper lagi tapi ngga mau makan makanan yg tadi pagi. Karena cuaca panas, berangkatlah Mbak Dwi & Ai naik motor nyari bakso & es campur. Nyam nyam… makan siang bakso + es campur bikin seger lagi, abis itu langsung mandi dan siap2 untuk berangkat ke Cemoro Lawang.




Jam 13.40 kita berangkat menuju Terminal Bratang untuk kemudian melanjutkan lagi ke Terminal Bungurasih. Sampe di Terminal Bratang jam 14.00, cukup lama juga nunggu bisnya berangkat dari Terminal Bratang, jam 14.30 bisnya bergerak dan tiba di Terminal Bungurasih jam 15.00. Begitu masuk Terminal Bungurasih, kita langsung dikerubungin calo yg pada nawar2in bus, untungnya kita ga diapa2in karena Terminal Bungurasih ini terkenal sama calo & copetnya. Di Terminal Bungurasih ini kita harus naik bus tujuan Probolinggo. Ada 3 jenis bus, bus biasa (non AC), bus AC biasa (AC dengan harga biasa). bus PATAS (gw ga tau deh bedanya ini sama AC biasa). Kita pilih yg AC biasa, nama bisnya AKAS ASRI, harga tiketnya Rp. 12.000/orang. Jam 15.30 kita berangkat dari Surabaya menuju Probolinggo.

Di perjalanan kita melewati Porong dan ngeliat tanggul buat nahan lumpur Lapindo. Perjalanan menuju Probolinggo memakan waktu sekitar 2 jam. Jam 17.40 kita tiba di Terminal Bayuangga Probolinggo. Gw sempet deg2an karena informasi dari internet, colt/angkutan menuju Cemoro Lawang itu terakhir berangkat jam 17.30. Puji Tuhan, pas kita turun, tanya sama petugas DLLAJR, coltnya itu parkir di depan terminal. Langsung aja kita buru2 keluar terminal dan sempet ditanya ama calo mau kemana. Kita bilang aja mau ke Bromo, trus calonya teriak2 ke supir coltnya supaya nungguin kita. Naiklah kita ke dalam colt yang udah lumayan penuh itu. Total jumlah penumpang yg ada di dalam colt itu 21 orang termasuk supir ! Udah gitu di jalan masih naikin penumpang lagi yg pada bawa sayur mayur buat ke pasar. Selama di perjalanan, lampu dalam coltnya mati nyala, bikin suasana makin mencekam…. Kebanyakan sih pada turun di Desa Sukapura, sisanya 4 orang termasuk gw & Mbak Dwi tujuannya ke Cemoro Lawang. Biasanya tarifnya itu 5 ribu sampai Desa Sukapura, eh kemarin itu kita ditembak 25 rb per orang. Mbak Dwi kekeuh dan debat ama keneknya, akhirnya kita bayar 20 rb per orang. Ngeri juga mau debat sama si kenek secara jalanan itu gelap banget dan kita takut diturunin di tengah jalan. 2 orang lain yg juga mau ke Cemoro Lawang duduk di depan dan mereka bayar 25 rb per orang, keknya sih mereka takut gitu ama supirnya. Jam 19.00 tepat sampailah kita di Cemoro Lawang dan kita belum tau mau nginep dimana. Yg ada kita cari makan dulu karena udah laper berat….. Mesen nasi goreng di warung penduduk, yahhhh nasinya lengket gitu dan ga enak ! Baru makan 2 suap, gw langsung manggil ibunya nanya ada indomie apa ngga. Akhirnya makan malam indomie rebus deh…..

Cari punya cari akhirnya kita memutuskan untuk nginep di Hotel Cemara Indah, tadinya harga kamarnya 75 rb, ditawar tawar akhirnya jadi 60 rb dengan fasilitas kamar mandi dalam tanpa air panas + sarapan pagi. Sebenernya Hotel Lava lebih bagus kamarnya, ada TV & air panas pula, tapi karena harganya ngga bisa kurang dari 80 rb, akhirnya diputuskan untuk nginep di Cemara Indah aja. Malam itu kita sekalian pesen ojek untuk naik ke Penanjakan. Ada 3 pilihan, naik kuda, jeep atau ojek. Kalau kuda, gw ga kebayang deh… jauh aja gitu ke Penanjakan, kapan sampenya coba ? Kalau naik jeep mahal, memang sih bisa sharing sama turis yg lain, tapi kalau mau berhenti2 untuk photo kan ga enak sama turis yg lain. Nah kalau ojek, keknya lebih enak karena bisa berhenti semau gw kalau mau photo2. Dari harga 75 rb, kita nawar dan dapet harga 50 rb untuk ojek ke Penanjakan pulang pergi, murah kan ? Trus malam itu gw beli sarung tangan warna pink hehehe dengan harga 5 rb aja. Pas anak kecil yg jualan itu nawarin, dia langsung nawarin sarung tangan yang warna pink, tau aja klo itu warna favorit gw. Plus… gw juga sewa jaket lagi karena ga yakin jaket gw cukup untuk nahan dinginnya Cemoro Lawang.

Abis itu gw & Mbak Dwi check in ke kamar no 12. Mbak Dwi sempet parno gitu karena kamar di kanan & kiri kita itu kosong. Gw sih ngga punya pikiran apa2, tapi ternyata pas gw tanya besoknya, dia takut kalo2 ada setan… oaaaaalaaaaaaaaahhhhhhhhh hahahahaha…… Ngobrol2 sampe jam 10 malem trus kita tidur. Sebelumnya pasang alarm karena takut kebablasan. Malam itu gw tidur pake baju 5 lapis dan masih dingin ajaaaaaaa…… Lapis pertama kaos tangan panjang, lapis kedua kaos tangan pendek, lapis ketiga jaket army, lapis keempat jaket pinjeman dari hotel, lapis kelima selimut hotel…. Dinginnya menusuk euyyyy…. tapi akhirnya bisa tidur juga karena udah ngga sabar mau lihat sunrise di Bromo……

4 comments:

Bryan Tamara said...

gimana mau maju ya pariwisata kita kl kelakuan supir-kernet yg ke Cemoro Lawang udh kyk preman.
mgkn emang harus tanya harga dulu ya, asal jgn telat nyampe Probolinggo.

Irene Barus-Henuhili said...

kemarin itu kan go show secara itu last colt yg menuju Cemoro Lawang
normalnya sih smp Sukapura itu tarifnya 5 ribu, kalo sampe Cemoro Lawang ya maks 15 rb.
karena penumpangnya cuma 4 orang yg mau ke Cemoro Lawang jadi mereka seenaknya aja naikin tarif.

Andre Pelenkahu said...

Abis itu gw & Mbak Dwi check in ke kamar no 12.......<= ckckkc...irene....segitunya... btw skr dah tutup ya ke gempol?

Irene Barus-Henuhili said...

hahahaha... iya yg ke gempol ditutup
pas gw balik macet abissssssss