Thursday, May 10, 2007

ditusuk jarum


hari ini kantor gw mengadakan kegiatan csr perdana berupa donor darah.
kebetulan ini adalah gawenya divisi corp-sec & legal dan divisi marcomm alias divisi gw.
1 bulan terakhir ini kita udah sibuk ngurusin persiapan mulai dari menghubungi pmi, menentukan tempat kegiatan, sampe mengundang media untuk meliput.
dan akhirnya pagi ini datang juga hari dimana kita & pmi harus melayani sekitar 160 orang yang mau mendonorkan darah.

gw akui, gw takut banget sama yg namanya jarum suntik.
tahun 98, gw dirawat selama 1 minggu di rs karena gejala dbd dan selama 1 minggu itu jarum suntik berpindah sebanyak 3 X dari tangan kiri ke kanan sampai akhirnya ke tangan kiri lagi.
dan di setiap perpindahan itu, jarum infusnya selalu ditusuk berulang2 karena vena gw ngga terlalu kelihatan.
pengalaman pindah2 jarum infus itu bikin gw parno setiap kali mau tes darah dan pada saat gw dirawat lagi tahun 2004, lagi2 kena gejala dbd dan harus diinfus lagi.

nah, back to the story of donor darah hari ini.
tadinya gw kepengen banget sih ikutan donor darah, mencoba mengalahkan rasa takut gw akan jarum suntik.
seharian itu gw ngeliat orang banyak, tiduran di velbed, ditusuk jarum, ada yg pusing setelah diambil darahnya, ada yg senyum2 pas lagi donor.
ketika udah agak sepi, gw iseng mau cek golongan darah gw.
sebenernya sih gw udah tau, tapi pengen ngecek aja lagi.
waktu gw tanya, sakit ga bu ? kata ibu yg meriksa, rasanya kayak distaples.
ya udah, gw beranikan diri dan bener rasanya kayak distaples.
cusssss..... ditusuklah jari tengah kanan gw dan ditekan sampai ada darah yg keluar untuk diambil.
setelah dicek, golongan darah gw B (belum berubah hehehe) dan hbnya normal (kalo hbnya rendah, ngga boleh donor).
trus gw cek tensi gw ke dokter periksa, ternyata tensi gw tadi siang itu 90/60 alias rendah... jadi ngga bisa donor.
padahal sih emang gw-nya takut aja untuk donor darah.

agak nyesel juga sih tadi kenapa juga gw ngga memberanikan diri untuk ikutan donor.
kata perawatnya, suster2 di pmi lebih canggih daripada suster di rs dalam hal tusuk menusuk hehehehe.....
lain kali gw mau coba ah....... sekarang gw mau mengumpulkan dulu keberanian gw  untuk ditusuk jarum suntik dan darah gw disedot sebanyak 250cc.

17 comments:

!pe :] said...

Gue blm pernah bole iktan donor darah, scara berat bdn gue slalu di bwh min berat bdn yg dibolehin.. Ugh! *suebbel*

Irene Barus-Henuhili said...

wakilin gw mau ngga pe ?

Deedee Caniago said...

bekgron nya bikin pusiiinnggg

Wita Purbaningsih said...

heheheheh takut jarum ya ???? sama dongggggg ... padahal secara berat badan n tensi memenuhi syarat .... hahahhaha jadi malu

Dessy Setyawati said...

Entah ini keberuntungan atau kerugian (rugi ngga bisa beramal), karena tekanan darah selalu 80-90an jadi aku belum pernah donor darah
Ditolak terrruuusss...

ting ... ilang! said...

hemm sama gue juga belum pernah donor gituan, katanya bisa bikin gemuks yak?
badan gw subur gini, pas donor jadi "berlebih" kan berabe ...

Yoan H said...

yg bikin gemuk itu... hasrat ingin makan yg (sedikit) berlebihan kalo abis donor. Soalnya .. kadang secara ngga sadar, abis donor tuh, parno kalo kita sampe kabisan darah.. jadi banyak2 makan supaya darahnya balik lagi... padahaaaaaaal... kalo makan secukupnya sih, ga bakalan sampe nggelembung kok. Tapi kan sering kali, kalo ada donda, itu yg diincer adalah makan gratisannya itu khan? He he he...

Nggak kok liq .. nggak bikin gemuk!

Irene Barus-Henuhili said...

klo gitu toss dulu wit...

Irene Barus-Henuhili said...

waduh, rendah banget.
jangan2 karena tegang mau ditusuk jarum, jadi tekanan darahnya turun...

Irene Barus-Henuhili said...

iya, hehehehe....
padahal makanannya cuma indomie, telor rebus ama susu

bia ^_^ said...

blum pernah donor.. di-donor-in pernah.. pegel2 wui..pngalaman yg paling anyeh..

Irene Barus-Henuhili said...

gimana rasanya ra ?
kan ditusuk jarum juga tuh, hiiiiiiiiyyyyyyyy........

Bryan Tamara said...

teteub... ya, donor darah pake maskara....

ihihihihi, dasar kamuh Miss Tampil ;)

Irene Barus-Henuhili said...

iya dooongggg...... itu kan salah satu perlengkapan wajib sehari-hari... :-p

Bryan Tamara said...

tapi beneran deh beib, di foto itu kamu kayak...
lg pake seragam sekolah..trus lg di ruang BP, dicubit sama guru (si suster PMI!) karena ke sekolah pake maskara..kalee.... ehahaheheh

Irene Barus-Henuhili said...

but i can't live without mascara, ihikkkksssss.....

Tina Kartahadimadja said...

darah? takuuuuuuuuuuuuuttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt