Tuesday, December 12, 2006

THE NEXT TRACE

Start:     Dec 15, '06
End:     Dec 16, '06
Location:     Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki

DEWAN KESENIAN JAKARTA
mempersembahkan
Pertunjukkan THE NEXT TRACES
HTM CUMA 20.000 AJAH!!!!...


KESEGARAN YANG MENINGGALKAN JEJAK

The Next Traces (TNT) merupakan panggung bagi para koregrafer baru. Istilah “baru” mengacu pada mereka yang baru muncul sebagai koreografer. Bagi mereka yang tumbuh di luar wilayah akademik, maka istilah itu mengacu pada mereka yang baru 2 – 3 tahun berkarya. Jika dilihat dalam wilayah akademik maka biasanya mengacu pada mereka yang berada di tingkat akhir, atau mereka yang baru saja lulus.

Selain itu, TNT pun berbicara mengenai keberlanjutan. Keberlanjutan menjadi penting karena merupakan salah satu unsur penopang keberadaan karya-karya tari. Dalam garis perjalanan seorang koreografer, ajang seperti ini termasuk garis start. Ada keuntungan dan tantangan di dalamnya. Keuntungannya adalah mereka belum memiliki beban yang terlampau berat. Tantangannya adalah apakah di titik awal ini mreka mampu menawarkan sesuatu yang berbeda, menarik, atau mengundang perbincangan dalam khasanah tari ?

Harapan kita, kehadiran para koreografer baru ini berada dalam ruang proses kreatif tubuh yang berkembang dan berkelanjutan. Dalam konteks kekinian, mereka tidak hanya harus melihat pada karya-karya yang sudah ada sebelumnya, tetapi juga harus mengenali zamannya. Pengenalan terhadap tubuh mutlak adanya. Tubuh secara otomatis menyerap apapun di sekitarnya. Tubuhpun menyerap zaman. Tugas para koreografer itu mengeluarkan serapan pengalaman tubuh melalui bahasa tubuh yang sesungguhnya. Artinya, eksplorasi terhadap bahasa-bahasa tubuh mutlak dilakukan, agar dapat menemukan, memahami dan bisa menggunakannya dengan benar.

Penyelenggaraan TNT tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke-2. Sebelumnya diadakan pada tahun 2003. Pada penyelenggaraan kali ini diberlakukan sistem kuratorial. Berawal dari tahap penyeleksian, dilanjutkan dengan pengamatan proses kreatif sampai dengan pertunjukan, diskusi dan pencatatan hasil pengamatan. Kami melibatkan 3 kurator dan 1 kritikus. Mereka akan memaparkan hasil pengamatannya pada diskusi dan mereka juga akan membuat tulisan hasil pengamatan tersebut. Pembacaan dan catatan itu yang nantinya akan mengisi perkembangan wacna tari. TNT menghadirkan wajah-wajah baru. Kebaruan identik dengan kesegaran. Tentunya kesegaran yang meninggalkan jejak.

Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta
Boi G. Sakti, Renee Sariwulan, Iskandar K.Loedin, Mira Tedja

Jadwal Pertunjukkan The Next Traces

15 Desember 2006 – pukul: 20:00 wib – Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki
Retno Sulistyorini (Solo)
Mei Lia Nita Sormin (Jakarta)
Andara Firman Moeis (Jakarta)
Valendra Adi Surya (Solo)
Diskusi


16 Desember 2006 – pukul 20:00 wib – Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki
Okty Budiati (Jakarta)
Liesdia Indriasari (Jakarta)
Danardono Sri Pamungkas (Solo)
Ruly Novaliawaty (Jakarta)
Diskusi


Kurator
Deddy Lutan, Helly Minarti, Dewi Ria Utari

Kritikus
Adi Wicaksono

Moderator
Irawan Karseno

Untuk informasi, dapat menghubungi Ranti/Titis: 021-31937369, 021-3162780, 021-39899634

No comments: