Friday, December 1, 2006

CatPer Hari 03a : Cemoro Lawang – Bromo – Cemoro Lawang

Senin, 20 November 2006

Whoooaaaaa I like Monday ! Senin pagi ini ngga usah berbad mood ria karena harus ngantor, tapi harus bangun jam 3 pagi demi mengejar matahari terbit di Penanjakan. Jam 3 pagi gw bangun berkat alarm handphone yang disetel jam 03.00, 03.15, 03.30 karena takut kebablasan. Memang sih kita udah titip pesan sama tukang ojek yg kita mau pakai, supaya dia datang jam 03.30 dan ngetokin kamar kita supaya kita bangun. Tanpa mandi, cukup cuci muka dan gosok gigi karena airnya dingin banget… gw & Mbak Dwi siap2 untuk dijemput sama tukang ojek. Dari dalam kamar kedengeran suara angin di luar kenceng banget, a bit spooky sih waktu ngeliat keluar jendela. Jam 03.40 tukang ojeknya baru datang satu, ngga lama nunggu datanglah satu lagi. Dinihari itu langit di Cemoro Lawang ceraaaaaaaaahhhhhhhh bangetttttttttt……… I swear, it was sooooooo beautiful, bintangnya banyak banget dan bersinar, serasa lagi di planetarium gitu deh……

Kita berangkat menuju ke Penanjakan tepat jam 04.00. Pertama kita memasuki pintu gerbang Taman Nasional BTS (Bromo Tengger Semeru) dan bayar tiket masuk 6 rb untuk wisatawan domestik (25 rb untuk wisatawan asing). Memasuki kompleks Taman Nasional, jalanannya berbatu dan menurun. Motor yg gw tumpangi adalah Honda Supra Fit, tukang ojeknya bernama Pak Nyoto. Gw excited banget awalnya sampe2 gw baru realize kalau jalanan yang bakal kita lalui itu gelap gulita ! Ngga ada lampu sama sekali, cuma bermodalkan lampu motor dan ingatan si tukang ojek akan jalur jalanan menuju Penanjakan. Suddenly gw ngeri banget karena gelap sekali… all you can see around is dark area. Kalau ada apa2 di tengah jalan ngga tau deh mau lari minta pertolongan kemana. Yang bikin ngeri adalah kalo si tukang ojeknya punya niat jahat mau ngapa2in gw. Selama gw dibonceng itu gw berdoa minta perlindungan dan megangin tripod. Maksud gw kalau dia mau macem2, tinggal gw getok pake tripod aja.

Ujian pertama dalam perjalanan menuju Penanjakan adalah Lautan Pasir. Bayangkan harus mengendarai motor melewati pasir, pastinya berat banget kan ? Beberapa kali Pak Nyoto kehilangan keseimbangan gara2 pasir, untungnya sih gw ga sampe jatoh. Yg lucu, tukang ojeknya Mbak Dwi itu anak muda, bawa motornya Honda GL yg lama, eh dia lebih lancar mengendarai motor itu di medan pasir. Udah gitu waktu melewati lautan pasir, sempet beberapa kali ada angin kencang, alhasil mata gw kelilipan dan di mulut tuh berasa ada pasir2 karena gw sambil ngobrol sama Pak Nyoto.

Ujian kedua setelah pasir adalah kabut. Setelah kita melewati pasir, masuklah ke jalanan menanjak namun sudah diaspal. Jalanannya sih enak dilalui, rata tapiiiiiiii……… kabutnya tebal banget… Mana banyak tikungan dan di sebelah kiri itu jurang ! Beberapa kali si Pak Nyoto matiin lampu motornya karena kalau dinyalain malah ngga keliatan jalanannya. Hiiiii…… puji Tuhan gw sama Mbak Dwi sampai di Penanjakan dengan selamat pada jam 04.45.

Begitu kita sampe di atas, kabut dan embun jadi satu sehingga rasanya seperti lagi gerimis. Hawanya, dingiiiiiiiinnnnnnnn……… sampai2 kalau kita ngomong itu keluar asap (kayak di luar negeri gitu deh huehehehehe……) Karena belum sarapan, gw & Mbak Dwi mampir di satu warung untuk minum sereal. Sayangnya waktu kita nunggu sunrise, kabutnya tebal banget…… Yang nungguin sunrise itu ada turis dari Belanda, Belgia dan Jepang. Si turis Jepun ini malah bawa selimut hotel buat menghangatkan badan hihihi…… Sempet ngobrol2 sama 2 anak bule dari Belgia, namanya Jonathan & Vicky (kakak adik). Yang lucu, mereka diajarin ngitung 1-2-3-4-5 dalam bahasa Jawa sama penduduk lokal, jadi tu anak bule teriak2 sijiiii, lorooooo, pituuuu… Setelah photo2 di Penanjakan, kita decide untuk balik aja karena memang kali itu kita ngga beruntung gara2 si kabut. Jam 06.00 kita berangkat menuju Kawah Bromo. Tadinya gw ngga ngeh kalo kita mau ke kawah, gw pikir mau balik ke hotel. Dalam perjalanan ke kawah, sempet berhenti beberapa kali untuk ambil photo. Untungnya hari sudah mulai terang dan kabut berangsur2 menghilang. Ada satu spot dimana kita bisa photo gunung Bromo dari kejauhan dan viewnya memang bagus dari sini. Turun dari tanjakan, kembalilah kita berkutat dengan lautan pasir. Sebelumnya, Pak Nyoto sempet ngingetin gw untuk masukin kamera ke dalam tas supaya ngga kena pasir (baik juga yah dia). Pak Nyoto ini juga berbaik hati megangin tripod selama dia boncengin gw.

Jam 07.00 kita tiba di kaki kawah Bromo. Di kaki kawah Bromo ini terdapat satu pura. Gw lupa nanya nama puranya, tapi biasa digunakan oleh suku Tengger kalau ada perayaan. Tiba2 Mbak Dwi ngomong gini “Gw mau naik kuda ah, loe mau ngga ?” Gw pikir mau naik kuda cuma muter2 doang di situ, taunya naik kuda ke tangga menuju ke Kawah Bromo. Setengah takut setengah berani, akhirnya gw naik kuda juga. Naik & turunnya kudu dibantuin sama tukang kudanya. Asli, ngeri banget gw……… jalanannya kan berbatu udah gitu menanjak dan menurun.

Begitu kita sampai di bawah tangga menuju ke Kawah Bromo, turun dari kuda langsung ditawarin beli bunga edelweiss. Gw sih ngga berminat beli, lagian repot bawa pulangnya, ntar ancur2an. Mbak Dwi beli beberapa iket dan satu rangkaian edelweiss warna/i. Kata orang yg jualan, kalau rangkaian itu dilempar ke dalam kawah, niscaya permohonan kita dikabulkan. Gw sih ngga percaya makanya gw ga beli. Tangga menuju Kawah Bromo itu lumayan tinggi, Mbak Dwi aja sampe ngos2an sementara gw semangat 45 meskipun sempet istirahat beberapa kali hehehehe… Sampe di atas, bau belerang cukup menyengat hidung. Kita ngga lama2 soalnya Mbak Dwi takut ketinggian. Setelah puas photo2 di atas kawah, akhirnya kita turun tangga dan naik kuda lagi untuk menuju ke pura. Dari situ kita naik ojek lagi untuk kembali ke hotel. Sama seperti perjalanan tadi pagi, pas kita pulang harus melewati lautan pasir (+angin) dan jalanan berbatu (yg pas berangkat itu turunan, pas kita pulang jadi tanjakan). Sampe di hotel Cemara Indah jam 07.45, langsung sarapan karena udah laper banget……

Bersambung ke CatPer Hari 03b

Bryan Tamara said...

aku masih cengengesan aja liat foto kamu naek kuda... heheheheehehe