Friday, December 1, 2006

CatPer Hari 03b : Cemoro Lawang – Probolinggo – Surabaya – Jakarta

Masih hari Senin, 20 November 2006



Pas sampe di hotel, gw & Mbak Dwi sarapan nasi goreng. Rasanya sih biasa aja, tapi karena emang laper banget, akhirnya ludes juga tu nasi goreng. Balik ke kamar, si Mbak Dwi mandi, gw beres2 perlengkapan plus sempet photo2 kompleks hotel Cemara Indah. Tadinya gw ga mau mandi karena asli airnya dingin banget, tapi akhirnya gw mandi juga karena terbujuk rayuan Mbak Dwi untuk nyobain mandi pake air gunung hahahaha……

Jam 09.55 kita berangkat meninggalkan Cemoro Lawang naik colt untuk kembali ke Probolinggo. Kalau waktu berangkat ke Cemoro Lawang jumlah penumpangnya 21 orang, waktu kita balik ke Probolinggo, jumlah penumpangnya sama, tapi kali ini + 1 ekor kambing yang dimasukkan ke bagasi, kebayang ga sih ??? Colt ini mengangkut penduduk Cemoro Lawang yang mau turun ke Desa Sukapura untuk jualan hasil bumi. Waktu kambingnya dimasukkan ke bagasi, gw ngga ngeh kalau itu kambing. Tiba2 ada suara mbeeeeeekkkkk… Gw tanya sama penumpang yg lain, mereka bilang itu lagi masukkin kambing ke dalam mobil, gubraks !

Perjalanan Cemoro Lawang – Probolinggo melewati Desa Sukapura. Setelah menurunkan sebagian besar penumpang di Pasar Sukapura, tiba2 coltnya berhenti & ngetem. Waktu itu jam 11.30, waktunya makan siang dan gw & Mbak Dwi emang udah kelaperan. Ngeliat ada warung, kita turun untuk beli makanan. Tau2nya, si supir colt ada di warung itu dan dia mau makan siang aja gitu ! Halah……… Akhirnya kita gabung makan siang sama si supir hahahaha…… baru kali itu makan bareng supir angkot yg gw tumpangin. Menu makan siang gw & Mbak Dwi :2 nasi pecel, 2 tempe, 1 telor asin, ½ telor ayam rebus, 2 es blewah, 2 kremes dan semuanya itu cuma 8 ribu alias delapan ribu rupiah aja. Murah ya ??????

Selesai makan, coltnya berangkat lagi menuju Probolinggo. Harusnya nih selesai makan si supir jadi lebih bertenaga nyupirnya. Tapiiiiiiii……… kok yg ada dia malah jalan 20km/jam !!!! Ngeselin banget ih, untung kita udah makan. Tipe2 orang di sana itu bukan tipe orang yg ngejar waktu kayak di kota, rata2 mereka keperluannya pergi ke pasar atau pulang, jadi kyknya ngga masalah mau ngetem 15 menit atau even 1 jam. Pengen ngomel ngga mungkin banget secara gw bukan penduduk situ, yg ada malahan gw diusir kali……

Setelah menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam, jam 12.30 kita tiba di Terminal Bayuangga, Probolinggo. Dari situ kita naik bus AC biasa lagi untuk menuju ke Surabaya. Busnya berangkat jam 12.50 dari Probolinggo dan perjalanan ke Surabaya kali ini memakan waktu kurang lebih 3,5 jam gara2 macet di keluar tol Gempol. Jam 16.30 kita tiba di Terminal Bungurasih dan melanjutkan perjalanan naik bus dalam kota ke Pasar Burung. Turun di Pasar Burung trus lanjut naik becak ke rumah Ai di Tempel Sukorejo. Begitu sampe, kita langsung pada mandi dan istirahat bentar. Ngga lama si Ai keluar beli ayam & bebek goreng, langsung deh pada kalap saking lapernya……

Jam 19.30 kita siap2 berangkat ke Hotel Country Heritage, tempat kerjanya Ai untuk jemput Weni (temen kerjanya Ai). Tadinya abis jemput, kita b4 mau naik motor ke House of Sampoerna & beli oleh2 sambal udang Ibu Rudy di Jl. Dharmahusada. Tapi karena waktunya mepet akhirnya kita mampir ke toko Panen Raya (itupun udah mau tutup) untuk beli oleh2 (gw terasi, petis, bandeng, kripik jamur buat orang rumah & anak kantor). Setelah belanja belanji, langsung ngebut ke bandara yang lokasinya ternyata cukup jauh. Si Ai sempet ngiri bensin karena baru pada nyadar kalau jarumnya udah di angka E. Ngga lucu kan kalo on the way ke bandara tiba2 mogok keabisan bensin. Jam 21.40 kita tiba di bandara, parkir motor, trus lari2 ke pintu keberangkatan. Untungnya check in counter Air Asia belum tutup. Langsung aja kita check in untuk penerbangan yg jam 22.20. Sempet ribut sama petugas check in counternya karena dia bilang ngga boleh bawa tripod ke dalam kabin, musti masuk bagasi. Lha kalau tripodnya patah atau lecet, emangnya Air Asia mau gantiin. Mana itu tripod boleh minjem sama Bryan hehehe… Padahal waktu gw berangkat dari Jakarta ke Surabaya, boleh2 aja tuh bawa tripod ke dalam kabin. Akhirnya setelah berdebat, gw akalin aja tu tripod supaya bisa dibawa ke dalam kabin. Ngga lama kemudian kita boarding dan thanks God pramugarinya ngga ada yg liat kalau gw bawa tripod ke dalam kabin.

Jam 22.20 pesawat take off dan 30 menit pertama penerbangan lancar, sisanya kira2 40 menit, kita terbang di cuaca buruk. Di luar kilat menyambar2, kayaknya sih hujan. Puji Tuhan kita sampai di Jakarta jam 23.30 dengan selamat dan bokap udah jemput gw di terminal 1A. Pulang nganterin Mbak Dwi dulu, dan kira2 jam 1 pagi gw baru sampe rumah…… Capeeeeeee bangetttttt… tapi puas, akhirnya gw pernah ke Bromo. Kapan2 gw pasti akan pergi ke situ lagi, tapi belum tau kapan…… Tahun depan salah satu tujuan travelling adalah Malang & Kawah Ijen, siap2 nabung ah dari sekarang……

2 comments:

Tumpu Fajar said...

thanks, tulisan kamu banyak bantu saya waktu bulan lalu saya jalan sendirian ke bromo. catatan perjalanan bisa diliat di http://tumpufajar.blogspot.com

Irene Barus-Henuhili said...

sama2...
saya udah mampir ke blognya
seneng banget tulisan saya bisa bantu orang lain :-)