Sunday, October 9, 2005

Novotel Semarang

Rating:★★★★
Category:Other
Novotel Semarang

Hotel ini baru buka selama 2 bulan waktu gw nginep di sana bulan Agustus kemarin. Hotel yang masuk jaringan Accor, bernama Novotel dan baru buka, tentunya segala sesuatu di hotel ini harusnya bagus. Letaknya di Jalan Pemuda, cukup strategis kalau mau kemana2, lokasinya juga dekat TIC (Tourist Information Center). Bank2 besar juga dekat dari hotel ini, seperti BCA, Bank Mandiri, Bank Danamon. Taxi yang tersedia di hotel ini adalah Semarang City. Kalau mau ke Pasar Johar, Gg Lombok, Simpang Lima, tinggal naik taxi aja. Becak juga tersedia di depan hotel ini, tapi untuk jarak dekat kali ya, kayak ke Sri Ratu atau Toko Oen, kasihan tukang becaknya kalau jauh2 hehehe…

Lobby-nya besar dan dibagi jadi 2 bagian, sebelah kiri ada bangku2 nyaman yang ditata sedemikian rupa dimana tamu2 bisa santai membaca koran sambil menunggu. Di lobby sebelah kiri ini pula terletak receptionist hotel. Di sebelah kanan, ada bangku2 yg nyaman juga, piano besar (setiap malam ada pianis yang mengalunkan lagu2 romantis untuk menemani tamu2 santai di lobby) dan meja Guest Relations Officer yang berdekatan dengan pilar yang berisi brosur2 dari hotel2 Novotel di seluruh Indonesia.

Restaurant di Novotel Semarang ada 2, Citrus Restaurant & Lounge dan The Square Restaurant. Menurut gw, Citrus lebih tepat dibilang lounge/coffee shop karena makanannya ngga begitu banyak dan kebanyakan tamu memilih light meal di Citrus. Kupon Welcome Drink pun ditukar di sini, waktu itu pilihannya soft drink, juice atau cocktail, dan pilihan pun jatuh pada cocktail Novotel Smile yg katanya campuran dari orange, strawberry dan gredanine syrup. Tiap malam ada band yang membawakan lagu2 latin secara akustik di lounge ini. Trus sekat antara lounge dengan alley, dibuat dari kaca yang disusun seperti akuarium, dan diisi dengan berbagai macam jenis bumbu dapur. AC di Citrus dingin bangetttt…… The Square Restaurant adalah resto untuk breakfast. Makanannya enaaaaakkk… Secara itu buffet menu, jadinya bisa bebas mau pilih american breakfast, indonesian breakfast atau continental breakfast. Penataannya juga bagus. Yang unik dari resto ini adalah counter jamu. Jadi kalau pagi2 setelah sarapan mau minum jamu, bisa pesen di counter ini, gratis karena masuk ke breakfast service. Jangan sampai terlambat kalau mau breakfast karena jam 9.30 mereka sudah mulai angkat2 makanannya jadi ngga bisa nambah lagi, walaupun breakfast timenya itu dari jam 6-10 pagi. Pastry Shop juga ada di hotel ini. Cappucino-nya enak, tiramisu dan strawberry mousenya juga boleh dicoba lagi kalau kapan2 stay di hotel ini lagi.

Novotel Semarang juga punya Splash Pool Bar yang letaknya di pinggir swimming pool. Kalau mau dibilang, swimming poolnya Novotel Semarang beneran Splash Pool karena ukurannya yang kecil dan kedalamannya hanya 1.50 meter. That’s why, swimming pool ini hanya diperuntukkan bagi tamu hotel saja, orang luar ngga boleh berenang di sini. Swimming pool ini letaknya di lantai 1 (kalau dilihat secara struktur bangunan, sebenarnya letaknya di lantai 3, karena sebelum lantai 1 ada lantai L-> lobby dan M-> mezzanine), persis di atas lobby dan windy banget… anginnya tuh kenceng banget jadi ngga enak kalau berenang lama2, bisa masuk angin. Selain swimming pool, di sini juga ada jacuzzi air panas. Jacuzzinya terletak di samping swimming pool dan dalam sebuah gazebo, jadi ada atapnya. Sembari berendam di gazebo kita bisa lihat pemandangan kota Semarang karena gazebonya ditutupi kaca. Enaknya berenang di sini, sepi.. ngga banyak tamu2 yang berenang trus setiap kali berenang, pasti staf Splash Pool Barnya muterin lagu2 Top 40 dari CD player. Di lantai 1 ini juga ada Fitness Center. Waktu nginep di sana sebenernya ada jadwal yoga dan gratis buat tamu hotel, tapi tau2nya jadwal yoganya diubah, jadi ngga sempet ikut deh.

Sekarang beralih ke kamar di Novotel Semarang. Waktu itu kita nginep di Superior Room di lantai 3, Smoking Floor. FYI, di Novotel Semarang, bisa pilih mau kamar smoking atau non smoking floor. Kalau ngga salah, lantai 1 itu non smoking floor deh. Kamarnya bagus, interiornya minimalis, tanpa karpet, lantainya dari kayu. Fasilitas di kamar ada personal safety deposit box, fridge, internet connection, coffee & tea maker, hairdryer. Meja kerja di kamar ini juga cukup unik, alasnya bisa digeser. Jadi kalau misalnya bosen menghadap tembok, maka geser aja alas mejanya dan voila… pemandangan sekarang menghadap ke jendela dan bisa lihat kota Semarang. Kamar mandinya juga unik, ada jendela kaca yang besar, jadi kalau misalnya lagi berendam di bathtub bisa melihat ke arah kamar atau misalnya mau nonton TV dari bathtub. Anyhow, ada tirainya juga kok, jadi kalau misalnya lagi mandi ngga mau diintip sama temen kita dari dalam kamar, tutup aja tirainya. Tapi ngga semua kamar, kamar mandinya ada jendela besar seperti itu. Waktu cek in, lebih baik tanya receptionistnya apa di kamar yang akan kita dapat itu kamar mandinya ada jendelanya apa ngga. Trus penerangan di kamar mandi juga bisa diatur, mau redup atau sangat terang. Tapi yang aneh adalah closetnya. Kalau misalnya kita flush, maka untuk flush berikutnya, harus tunggu sekitar satu jam. Wah berabe banget kan, kalau misalnya kita abis pup trus ada orang mau pake toiletnya, maka dia ngga akan bisa flush karena harus tunggu tabungnya mengisi air dulu.

Last but not least… setelah beberapa hal yang cukup bagus servicenya di Novotel Semarang, akhirnya ada juga satu cacat dari hotel ini, yaitu di BIZ Center alias Business Center. Waktu itu kita mau cek email di BIZ Center. Kalau di sini, sistemnya kita beli voucher, bisa pilih yg 30 menit, 60 menit. Kita beli yg 30 menit karena itu nominal paling kecil walaupun hanya mau cek email yg kira2 akan makan waktu 5 menit. Setelah dapat user ID dan password, ternyata ngga bisa connect ke internet. Kita disuruh tunggu oleh staf BIZ Center itu sementara dia contact bag IT-nya. Tunggu punya tunggu, bag IT-nya ngga datang2 sementara kita udah nunggu sekitar 15 menit. Gw tanya sama stafnya, apa ngga bisa dikeep aja buat besok karena sudah malam, jadi kita besok aja pake internetnya dan dia bilang ngga bisa. Akhirnya setelah nunggu sekian lama, staf IT-nya datang dan yg dia lakukan adalah restart komp, copot kabel dari modem and bla bla bla. Finally setelah kita coba beberapa kali untuk login, akhirnya bisa juga cek email walaupun hati udah kesel karena nunggunya lama banget cuma buat cek email. Setelah selesai, gw tanya apa musti bayar sekarang atau bisa masuk ke bill kamar, staf BIZ Centernya bilang kalau itu free of charge. OK, gw pikir memang harusnya free of charge karena kita udah disuruh nunggu lama banget. Pas balik ke kamar, tiba2 staf BIZ Centernya itu telp dan tanya apa tadi bisa connect ke internet dan gw jawab bisa, eh trus dia bilang kalau kata managernya, itu harus dicharge 15 ribu untuk 30 menit, ngga jadi free of charge. Oh my God, could you imagine, dia udah membiarkan kita nunggu lama sekali dengan voucher yang sama sekali ngga bisa dipending untuk keesokan harinya, trus dia bilang free of charge and then suddenly dia bilang harus dicharge. Terus terang, kita kecewa berat, karena jelas2 dia lihat kalau waktu di BIZ Center kita akhirnya bisa connect ke internet dan di telp, dia bilang kalau dia pikir kita sama sekali ngga bisa connect. Please deh, seharusnya masalah kayak gini aja tuh ngga usah di-charge sama Novotel. Especially karena dia baru buka, harusnya kan 15 ribu aja bisa di-waive sama dia, ketimbang namanya jadi jelek. Masa cuma gara2 15 ribu aja trus gw ngga mau nginep di Novotel lagi. Bukan masalah 15 ribunya, tapi untuk hotel sebesar Novotel, harusnya managernya bisa lebih bijak dalam menyikapi masalah kayak gini.

Anyway, Novotel Semarang cukup recommended lah… Tapi kalau mau ber-internet di BIZ Centernya, kalo ngga emergency banget, mikir2 lagi deh… secara harganya mahal dan koneksinya belum cukup bagus. Mending cari warnet terdekat aja…… Oh iya, di Novotel Semarang juga ada Dolfi Club untuk anak2, jadi kalau ada yg bawa anak, titipin aja di sini sementara orang tuanya jalan2 hehehehe……

Photo2 Novotel Semarang bisa dilihat di sini

Novotel Semarang
Jl. Pemuda 123, Semarang 50123
Jawa Tengah
T : (62-24) 356 3000
F : (62-24) 358 4252
E : reservation@novotelsemarang.com
W : www.accorhotels.com/asia
Accor Call Center : 0807 1 777777

4 comments:

Bryan Tamara said...

loe ga kirim email protes, Ren?

Batavia Rose said...

Irene, tengkiu buat rekomendasinya. Saya akan pertimbangkan antara Novotel dan Ciputra. Berhubung saya cuma sendirian ke sana dan kayaknya nggak ada waktu untuk pleasure, saya akan pilih yang lebih dekat ke venue tempat kami biz meeting keesokan harinya. salam hangat-jo

amanda gracia said...

hmm,,kalo gw pribadi liad bkn salah Biz Centerna jg c..
mungkin dy gag liad wkt compi connect, so, dy pikir masi rusak.Lagian mke bntaran doank kn??
setahu gw, mank sistemna otomatis gt. Jd, 30 menit gag bs d pending bsk. Kn uda ada sistemna..
Cz gw d jelasin ma IT-na paz gw nginep dsono..
Bdw, mba"na BIZ Center uda ganti skg..
orgna ramah"pula..
even compi mank masi suka ngadat..Tp, mu gmn lg, mank sistem compina yg gag berez kq..
kasian jg alo gw complain ma staff BC. Yg lbh taw kn IT.
So, mungkin uda ada upaya perbaikan dr hotel ttg mslh BIZ Center..
Would u come again??

Irene Barus-Henuhili said...

jelas aja biz centernya salah
pertama bilang no charge, tau2 dicharge
di dunia service apalagi hotel, it's a big no no, darling