Friday, October 14, 2005

Copycat Application Letter & CV


Gw punya (bekas) teman waktu di kantor gw yang lama. 2 tahun yang lalu setelah gw resign dari kantor lama gw, ngga lama kemudian dia juga resign. Waktu itu dia pernah minta contoh application letter & CV karena dia mau apply pekerjaan. Yang namanya temen, ya gw bantuin lah dia dengan ngirimin application letter gw untuk dia jadiin contoh buat application letternya dia. Apalagi waktu itu dia bilang kalau dia butuh contoh application letter karena dia bener2 butuh untuk apply pekerjaan. Tapi... gw dikasi tau sama anak kantor yg (waktu itu) masih kerja di sana, dia resign dari kantor lama itu adalah karena dia bermasalah dengan kantor gw. Masalahnya ngga perlu lah disebutin di sini, ngga etis. Intinya dia punya bad record di kantor lama gw.

Selang 1 tahun setelah itu, tiba2 gw dikagetkan sama email dari HRD Manager gw yang ternyata berisi application letter dari teman gw itu. Rupanya dia apply ke kantor gw dan menurut HRD Manager gw, kayaknya dia cocok untuk ditempatin di divisi gw. (of course lah, secara gw sama dia backgroundnya sama, sama2 pernah kerja di e-travel). Waktu itu, gw cuma lihat sekilas application letternya dan gw bilang sama HRD Manager gw kalo dia itu bekas teman kerja gw di kantor yg lama dan dia punya bad record, jadi gw ngga mau hire dia.

Nah kemarin ini, gw lagi beres2in folder di inbox gw. Trus tiba2 gw nemu lagi email dari HRD Manager gw itu, dan kali ini gw baca dengan seksama. And you know what ?? Application letter yang dia kirim ke kantor gw itu ternyata adalah hasil copy paste dari application letter gw yang gw kirim ke dia waktu itu. Kata2nya sama persis, trus CVnya juga copy paste CV gw. Dia cuma ganti dengan data2nya dia. It's very ridiculous ! Jelas aja, kenapa ? Soalnya kan application letter gw itu isinya mengenai personality gw yang pastinya beda banget sama personalitynya dia. Waktu gw baca application letternya dia, gw langsung mikir, ini kan bukan dia banget.... Tapi itu gambaran diri gw yang ada di application letternya dia. Even di CVnya dia, kata2 penutupnya itu sama persis sama kata2 penutup gw. Dan satu hal yang paling bikin gw kaget adalah dia bilang di CVnya kalau dia bisa bahasa Perancis sedikit2. OMG, setau gw bahasa Inggrisnya aja masih terbata2 dan dia ga pernah nunjukkin kalau dia bisa bahasa Perancis. Gw yakin banget itu dia lupa edit copy paste-annya karena di CV gw, gw sebutin kalau gw bisa bahasa Perancis. Gw inget banget, gw tulis tuh French (beginner) dan di CVnya dia jg sama persis, dia tulis French (beginner).

Huh, gw jadi makin ngga respect sama dia. Sekarang sih katanya dia udah jadi director di salah satu tour operator. Aaaarrrrgggghhhhhh............. gw sih jadi meragukan kualitasnya dia sebagai director kalau application letter sama CV aja masih nyontek.

4 comments:

Mario Hadiwono said...

Copycat? apa salah kucing2 itu sampai mereka harus dicopy? huahahahahaha hmm gue juga pernah ada di posisi lo ren.. dan gue cuma bisa ngelus dada... cuma bisa kasihan sama orang yang gak pede sama dirinya sendiri... atau gak mampu bikin CV ndiri :D

" Aya " said...

aduh ...gue bukan ya?? kayaknya sih bukan deh!! scr gue paling anti plagiarisme. ren...orang itu juga pernah tuh plagiat tulisan gue di blog. huh..haree genee masih gak kreatip?? please deh...!! get a life!! biar kata udah jadi director, jgn2 masih kalah cerdas sama bawahannya. biar aja, ren....nanti baru tahu rasa dia kalo di copy sama orang. sakiiiiiit......!! or jgn2, selama ini semua tulisan dia emang hasil copy paste ya...??!! hehehehe......peace...

dita chandra said...

plagiat kok bodoh bgt yah....ampe lupa ngedit gt;))

bimo wicaksono said...

halo numpang coret2, saya juga pernah punya temen nyontek cv,,sampe2 lupa edit no hp ,walhasil nyasar ke tempat saya,hhaha