Tuesday, March 20, 2007

ini orang musti diapain ya ???

Postingan ini panjang tapi penting banget, karena siapa tahu kamu bisa kena tipu atau dicatut namanya.

Hari Rabu, 14 maret gw lagi gonta ganti sim card antara matrix & xl. Kebetulan seharian itu gw pake xl karena matrix lagi diblokir dan baru dibuka sorenya. Pas gw aktifin matrix gw, masuk 2 sms dari nomor : 0812-9666693, bunyinya :
“Apa kabar lg dimana.Apa masih ingat sm gw salman teman kuliah di ui ihm”
2 sms itu dikirim ke gw pada jam 18.51 dan sempet ada misscall dari no tersebut yg masuk ke voicemail tapi ga ninggalin pesan apa2.

Tadinya gw mau reply sms itu tapi kok isinya kyk bukan Salman yg ngirim. FYI, Salman itu temen kuliah gw waktu di Ekstensi Humas UI. Lha ini kok di smsnya ui ihm, apa lagi tuh ? Akhirnya gw sms ke nomor Salman yang ada di phonebook gw.
Gw : “Man, loe ganti no hp ?”
Salman : “Nope, itu orang iseng yg ngaku2 jd g. Jgn ditanggepin ren, soale dia jg ngerjain ira.”
Gw : “Ok, thanks, untung gw belum reply sms orang itu”
Well, gw pikir mungkin orang itu iseng dalam artian iseng mungkin ngajak kenalan atau yg lainnya.

Malamnya gw dpt telp dari Dini, temen kantornya Ullie (temen kuliah gw jg). Si Dini cerita kalau orang yg mengaku2 sebagai Salman itu sms ke Ullie dg nomor yg berbeda dari nomor di atas dan nawarin hp & laptop dengan harga yg murah banget. Katanya barang itu barang sitaan di bea cukai dan jumlahnya terbatas. Karena si Dini ini lagi mau ganti hp baru dan pengen beli laptop, tertariklah dia dengan tawaran si Salman palsu ini. Mereka (Ullie, Dini & Salman palsu) sempet kontak2an via telp dan kata Ullie, suaranya sama persis dengan suara Salman yg asli, makanya dia ngga curiga. Nah, setelah itu Dini transfer uang DP sebesar Rp. 2 juta ke rekening si Salman palsu.

Anehnya, rekening itu kan bukan atas nama Salman dan si Dini tetap transfer. Gw juga ngga ngerti gimana detailnya sampe dia bisa transfer begitu aja padahal rekeningnya bukan atas nama Salman. Setelah dia transfer, no hp itu orang ngga bisa dihubungin. Udah gitu, ngga ada tanda terima DP atau invoice dari si Salman palsu. Di sini sih gw berpikir si Dininya juga keburu nafsu main transfer uang DP sementara belum liat barangnya dan ga ada tanda terima sementara. Mungkin karena asas pertemanan, makanya si Dini percaya2 aja kalau itu beneran si Salman yg berbisnis hp & laptop, tau2nya dia ditipu…

Ngga lama Ira telp gw dan ternyata kita berdua di-smsin oleh nomor yg sama & mengaku2 sebagai Salman. Kita sepakat untuk jebak ini orang dengan pura2 tertarik sama hp & laptop, trus mau bayar lunas barangnya supaya ini orang mau menampakkan batang hidungnya. Tapi ternyata dari sms2nya, ini orang memang bener2 banyak alasan untuk tidak menampakkan wujudnya.

Ini sms2 yg dikirim tu penipu ke gw :

“Gw cuma mau tawarin hp sitaan dr batam yg punya orang bea cukai tanjung priuk teman om gw.Harga separoh dr toko brng semua br dalam dus garansi segel nokia.Ini tipenya.8800 siroco harga4jt.N93 3.5.N92 ping 3jt.N73 harga 2.5.N70 2jt.9500 3jt.9300i harga 2.5.Ada mam2 tipe nokia semua separoh harga dr toko.Ada juga merek soni ericsen dan let top toshiba.Kalau minat hb gw ok karna skrg gw lg digudang sm om gw.Gbu” -> siroco, ping, soni ericsen, let top ? pls deh… ini orang ketahuan banget ya mau nipu, nulis aja masih salah kyk gitu.

“Kalau minat hb gw ya.Karna gw lg digudang.”

“N73 edition warna item harga pas nya 2 jt 250rb karna brng semua br dan bergaransi segel nokia”


“Smsin aja tipenya dan alamatnya gw bs antar tapi tiap unit kena dp 500 rb. Untuk keluar brng dr gudang.Sisanya cash pas brng datang gw antar sm om gw”

“Maaf gw enga bs bnt lu karna yg punya brng pak halim orang bea cukai tanjung priuk.Jd kalau tidak dp dulu beliau tidak kasih keluar brng dr gudang”

“Maaf gw enga bs bnt lu karna dp nya harus ditransf ke pak halim br beliau kasih keluar brng dr udang ok.Dan gw tidak sempat karna gw agak sibuk” -> ketauan banget dia ngga mau menampakkan wujudnya.


Dan ternyata……… dari informasi yg gw dapatkan di milis Ekstensi Humas UI 2002, ga cuma Salman yg dicatut namanya. Ada 2 orang temen kuliah kami yg dicatut namanya, Hananto Wibowo (Anto) & Hendra Kurniawan (Hendra). Jadi si penipu ini juga kirim sms ke anak2 Humas 2002, ngaku2 sebagai Anto atau Hendra, dengan modus operandi yg sama yaitu nawarin hp & laptop dengan harga murah tapi kudu transfer dp dulu.

Gw & temen2 curiga si penipu ini bisa dapat data2 dari buku wisuda tahun 2005. Di buku wisuda itu photo gw, Ullie, Salman emang letaknya berdekatan. Anehnya, ini orang kok bisa ya sms ke temen main si orang yg dicatut namanya. Misalnya Salman, ini orang kirim sms ke temen deket/temen mainnya Salman.

Well, sekarang si Dini sih katanya lagi urus laporan ke polisi dan lagi berusaha nyelidikin identitas Salman palsu. Mudah2an sih bisa ketahuan siapa pelakunya, karena biarpun gw ga kena tipu, tapi gw gemes banget pengen tau siapa orang yg udah mencatut nama temen2 gw dan nipu pula. Dan gw juga jadi ngeri, bisa aja ini orang sms mencatut nama gw untuk aksi penipuan berikutnya.

So guys, beware kalau ada temen yg ganti no hp, better double check dulu, takutnya ada yg ngaku2 jadi temen loe, padahal bukan. Atau..... bisa jadi nama kita yg dicatut sama orang lain, spt yg terjadi sama Salman.


28 comments:

Tina Kartahadimadja said...

swobek swobek aja ren orang ituuuwwwww......benciiii !!!

Bayu Amus said...

dah lapor ke providernya? kan kalo nomer2 baru semuanya harus ada ID pemilik... ya sapa tau aja

XXXX YYYY said...

kalo ada temen yg ganti nomor tanyain passwordnya apa....

*- che anjas -* said...

transfer ke banknya,,, dilacak aja pemegang rek nya,,, tapi bisa juga palsu juga tuh dia bikin ktp buat bikin akun bank nya,... kalo cepet,,, dan polisi masih bisa diajak kerja sama.. masih bisa ketauan lewat kamera ATM siapa yg ngambil , (itu juga kalo dia ngga pake masker, atau helm..)
susah nih kayak gini,, temenlo juga salah banget sih yg main asal transfer

dyah ru said...

haduh.. kemaren baca jurnal isinya kayak gini juga. hp temen lama yg hilang trus ada yg ngaku2 sebagai pemilik hp dan nawarin laptop. trus udah kelanjur transfer ga bisa dilacak..

vanya sunanto said...

siroco ama ping apaan sih ren?

Anastasia Naibaho said...

capekkkkk dehhhhhhhhhhhhhhhhhh....................

ella -- said...

temen kamu itu kok gampang banget percaya, disuruh transfer lsg transfer.

iMa xid said...

nyari duit kok sampe segitunya ya???? :(

merica pedas said...

ih! nyebelin bgt!!! makanya buku angkatan ga usah pake alamat dan no telp deh kali ya...

Mario Hadiwono said...

gue udah denger dari junior2 gue anak Adm, Rene... mereka juga di sms-in sama orang itu.. sayangnya dia dengan bodoh pake nama asli... sementara kami di Adm cenderung pake nama panggilan.... hahahahaha
gue juga udah denger dari anak2 Tehnik... modusnya sama....
oh iya si kampret itu kayaknya dapet nomer telpon dari Buku Wisuda

shrie amriza said...

Ckckckck..TOP deh dimana2 penjahat selalu selangkah lebih maju ya, ada aja idenya . GBU ya buat semua and thanks Irene untuk infonya :)

ting ... ilang! said...

Sett dah nipu nya niat banget yaa ...
Maaf2 nih yach, koq bisa tertarik sama barang 1/2 harga, harga miring en del2 yak? Modus operasi lewat jalan "belakang" masih mengiurkan rupa nya hehehehe

Nggak jauh beda sama kasus menang undian nih ...

Yoan H said...

soalnya elu dah biasa lewat jalan belakang kan liq.. makanya dah biasa... kalo yg lain kan biasa lewat jalan depan.. makanya ga biasa.. sampe masih kena' juga.

duh ren.. turut berduka buat temen lo ya.. kita mang musti lebih ati2 ya
(apa lagi sama orang yg biasa lewat jalan "blakang" itu).

ting ... ilang! said...

Justru gue nggak pernah djo lwt jalur "belakang", karena emm .. gue orang indonesia sekali hehehe gue bayar kalo barang bisa gue pegang :P

~ e.v.a ~ Beloved's Mom said...

orang gila tuh ya Ren,... kemplang rame2 aja hyuuukkk..........

M Aqsha said...

susah nangkepnya...karena kemauan penegak hukum menangkapnya rendah...
yang penting waspada..disuruh transfer hari gini?
selamat Ren..sudah selamat dari jebakan penipu...waspadalah..waspadalah..

Bryan Tamara said...

denger denger sih lebih aman setor tunai kl nekad, karena duitnya masih bs balik drpd transfer via atm

Irene Barus-Henuhili said...

gw sih udah bilang sama temen gw untuk lapor, tapi belum denger kelanjutan ceritanya

Irene Barus-Henuhili said...

katanya sih si Dini itu udah ngecek ke bank & dpt nama beserta alamat pemilik rekening itu.

Irene Barus-Henuhili said...

kalo siroco gw ga tau nya...
kalo ping mungkin yg dimaksud warna pink...

Irene Barus-Henuhili said...

cukup email aja kali ya
kalaupun dikirimin spam, tinggal didelete aja

Irene Barus-Henuhili said...

berarti anak2 UI musti berhati2 nih... jgn2 ni orang ngincer alumni dari semua fakultas

Irene Barus-Henuhili said...

spt yg gw bilang di atas, mungkin dia emang udah kebelet atau keburu nafsu makanya langsung transfer aja tanpa ada tanda terima

Irene Barus-Henuhili said...

ya udah, sini setor tunai ke aku !
hihihihihihi..........

Bryan Tamara said...

ah kamyuh.... :">

itu hetsot tgl 23 September ya? ;)

Irene Barus-Henuhili said...

iyah....

pasti inget dong....

XXXX YYYY said...

Registrasi pengguna kartu memang pada akhirnya bisa menjadi bumerang ya ... hati-hati aja deh. Jaga tuh no HP seperti kita jaga no rekening Bank or pin ATM.