Wednesday, December 14, 2005

[jiffest] Shouf Shouf Habibi ! (Hush Hush Baby) (Netherlands)

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Comedy
Ab & keluarganya berasal dari Maroko. Mereka tinggal di Belanda untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Sam, kakak laki2 Ab bekerja sebagai seorang polisi, menikah dengan wanita Maroko dan Sam mempunyai affair dengan teman kerja wanitanya yang sering bertugas bersamanya. Leila, adik perempuan Ab baru saja menyelesaikan kursus fashion design dan bercita2 menjadi fashion designer. Leila dituntut oleh orang tuanya untuk segera menikah, segala cara dilakukan oleh kedua orang tuanya seperti memperkenalkan pria2 Maroko untuk dijadikan suami Leila, padahal di satu sisi Leila jatuh cinta dengan pria Belanda. Driss, adik laki2 Ab yang paling kecil sangatlah bandel dan usil. Dia sering memphoto teman2 sekolahnya secara diam2 dengan kamera digital kemudian memeras teman sekolahnya dengan ancaman akan mengirimkan photonya ke orang tua temannya. Ab sendiri tidak mempunyai pekerjaan yang tetap. Dia punya gang beranggotakan 4 orang termasuk Ab. Pekerjaan mereka adalah merampok kontainer atau bank.

Suatu hari Ab diberi pekerjaan di bagian administrasi bank, tapi dia tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Masalah demi masalah datang ke keluarga Ab, mulai dari Sam yg selingkuh, Leila yang kabur dari rumah, sehingga menyebabkan ayahnya sakit. Ayah Ab memberi mandat ke Ab untuk pergi ke Maroko dan mencarikan makam buat dia. Di sana Ab bertemu gadis Maroko dan pada pandangan pertama, Ab memutuskan untuk menikahi gadis tersebut.

Ketika pernikahan akan dilangsungkan, ternyata Ab belum yakin dan kabur pada hari pernikahannya. Pada saat yang bersamaan, ternyata ayah Ab meninggal dunia. Inti film ini adalah menceritakan kehidupan keluarga Maroko yang tinggal di Belanda dan terbentur dengan budaya yang berlaku di Belanda yang tentunya sangat berbeda dengan budaya Maroko. Ending film komedi ini pernikahan Ab batal dan keluarga Ab pulang ke Maroko untuk menguburkan ayahnya. Gw suka film ini karena selain lucu, bahasanya bahasa Belanda, jadi bisa belajar dikit2.

No comments: